Kibarkan Merah Putih di Menara Suar Nusakambangan, Pekerja Pertamina Sampaikan Salam Kemerdekaan

Minggu 21-08-2022,13:08 WIB
Reporter : Julius Purnomo
Editor : Ali Ibrahim

Menara suar yang berada di bawah kewenangan Kantor Distrik Navigasi Kelas III Cilacap ini dibangun tahun 1857 pada elevasi 170 m di atas permukaan laut. 

Di sinilah Patrapala dipimpin oleh Verslandy kemudian melakukan prosesi pengibaran bendera merah putih berukuran 1,8 m x 1,3 m di ketinggian menara 8 m. 

“Ini menjadi wujud semangat kami dalam memperingati HUT ke-77 RI, mengibarkan bendera Merah Putih di Menara Suar Cimiring. Mengapa di menara suar? Karena ini merupakan spot menarik dan kami ingin mengenalkan kepada masyarakat luas sekaligus menyebarluaskan arti penting fungsi menara suar di mana PT KPI RU IV Cilacap sebagai salah satu penggunanya. Khususnya dalam kegiatan pelayaran dan navigasi laut," ungkapnya.

Sebagai bentuk apresiasi kepada petugas navigasi, Patrapala juga menyerahkan bantuan peralatan perawatan dan cendera mata.

“Kami menyampaikan terimakasih kepada petugas navigasi sebagai garda terdepan menjaga menara ini tetap bermanfaat dan berfungsi sampai kapanpun,” imbuh Landy.

Seno Hartono selaku Teknisi Menara Suar Cimiring menyambut antusias inisiatif pekerja PT KPI RU IV melalui Patrapala, mengibarkan bendera Merah Putih di menara suar tersebut.

“Ini juga memberikan suntikan semangat dan motivasi untuk kami bertugas di sini, bukti kepedulian PT KPI RU IV terhadap salah satu fasilitas penting dalam kegiatan perkapalan Pertamina,” katanya.

Menara Suar Cimiring di sisi timur Nusakambangan selain berfungsi penunjuk arah daratan dan adanya pelabuhan, lebih dari itu sebagai supremasi batas wilayah negara. Ini mengingat posisi Nusakambangan sebagai salah satu pulau terluar Indonesia.(*)

Kategori :