PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Selama Juni 2025 kemarin, pemohon memanfaatkan pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Purbalingga, mendominasi. Sebut saja, di pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dinpendukcapil) ada sebanyak 1.469 orang.
Menyusul dominasi lain di outlet Dinas Tenaga Kerja (Dinnaker)sebanyak 1.395 orang. Selanjutnya di urutan ketiga dominasi ada di Dinas Sosial Pengendalian Penduduk KB PPPA 1.268 orang.
"MPP yang ada di bawah kewenangan kami total selama Juni kemarin melayani 5.857 orang pemohon. Total itu dari pemohon dinas dan instansi serta lembaga lainnya," kata Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Purbalingga, Muchammad Umar Faozi, Selasa 1 Juni 2025.
Outlet Dinpendukcapil kebanjiran pemohon karena diperkirakan untuk mengurus keperluan berkas penerimaan murid baru. Lalu Dinnaker mengurus kartu pencari kerja dan Dinsosdalduk KBPPPA mengurus kartu bebas biaya berobat.
BACA JUGA:Outlet Dinnaker di MPP Purbalingga Diserbu Pelayanan Pasca Kelulusan Sekolah
"Ruangan kami cukup representatif dan pengunjung tetap aman dan nyaman. Karena ruang tunggu dan antre cetak nomor urut cukup luas dan dingin," tambahnya.
Umar mengingatkan jika semua lapisan masyarakat bisa memanfaatkan layanan di MPP pada jam kerja. Namun tetap dengan pakaian yang sopan dan tidak boleh bagi laki laki mengenakan celana pendek.
"Kalau sudah terlanjur pakai celana pendek, dari petugas kami akan meminjamkam kain sarung. Karena ini resmi instansi pemerintah," tegasnya. (amr)