Peningkatan minyak rem terjadi 15 hingga 50 kali per detik dan dipengaruhi oleh fungsi ABS. Artinya roda motor tidak terhalang saat melakukan pengereman keras.
ABS secara otomatis mengurangi tekanan hingga piston kembali normal, kemudian memberikan tekanan piston ke roda hingga kecepatan roda berkurang dan mesin berhenti.
Peralihan dari normal ke pemblokiran atau pengereman terjadi dengan sangat cepat. Hal ini membuat sepeda motor lebih mudah dikendalikan, jarak pengereman lebih efektif, dan mengurangi angka kecelakaan.
Menurut buku “Light Vehicle Chassis” karya Febrian dan rekan-rekannya, pengontrol sistem rem berperan sebagai pengontrol dan memproses data dari sensor kecepatan roda.
Unit hidrolik rem ABS terdiri dari katup solenoid, pompa, reservoir, dan akumulator.
Katup solenoid mengubah posisi jangkar berdasarkan output modul kontrol ABS. Setelah sirkuit pembangkit tekanan terbentuk, minyak rem dan minyak kaliper mengalir ke reservoir, sehingga mengurangi tekanan rem.
BACA JUGA:Pengguna Honda Wajib Tau ! Inilah Tips Merawat Motor Matic Honda Beat, Honda Vario, dan Honda Scoopy
Pompa mengirimkan minyak rem ke akumulator tempat penyimpanan rem sebelum dikembalikan ke master silinder. Ketika sirkuit penahan diaktifkan, saluran kaliper terputus dan tekanan fluida di dalam kaliper tetap konstan.
Jika Anda sedang mencari sepeda motor matic dan mengetahui apa itu ABS, Anda dapat mempertimbangkan fitur ini sebagai faktor penting dalam keputusan Anda.
Sebab, keselamatan dan pengendalian lalu lintas jalan yang optimal merupakan investasi terbaik yang dapat Anda lakukan.
Itulah pengertian teknologi ABS yang ada pada sepeda motor matic lengkap dengan cara kerjanya yang harus Anda pahami sebagai pengemudi.