KPU Banyumas Mulai Merakit 5.354 Kotak Suara untuk Pilkada Serentak 2024

Senin 21-10-2024,13:12 WIB
Reporter : Dimas Prabowo
Editor : Ali Ibrahim

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID — Sebanyak 5.354 kotak suara untuk Pilkada Serentak 2024 mulai dirakit di Gudang Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, yang dimulai pada Sabtu (19/10/2024), dengan melibatkan 31 pekerja yang diawasi secara ketat oleh pegawai sekretariat KPU Banyumas.

Jana Sapti Arini, Kasubbag Keuangan, Umum, dan Logistik (KUL) KPU Kabupaten Banyumas, mengungkapkan bahwa perakitan kotak suara dilakukan lebih awal untuk mengantisipasi potensi kekurangan atau kerusakan pada logistik yang dikirim oleh penyedia. 

“Kami sengaja merakit lebih awal, agar kami bisa melaporkan jika ada yang cacat atau kurang dari pabrik (penyedia). Dengan begitu, kami bisa segera mengganti dan meminta kekurangannya,” jelas Jana. 

Jana juga menyebutkan bahwa KPU menargetkan seluruh kotak suara dapat selesai dirakit dalam waktu tiga hari. Selain kotak suara, KPU Kabupaten Banyumas juga telah melakukan proses sortir dan pengecekan terhadap logistik lainnya yang sudah diterima. Beberapa di antaranya adalah tinta, kabel ties, dan sampul.

BACA JUGA:KPU Purbalingga Kebut Persiapan Debat Paslon, Bakal Digelar 2 November 2024

BACA JUGA:KPU Cillacap Kembali Terima Logistik Pilkada, Pencetakan Surat Suara dilakukan di Cibinong

“Dari 5.300 botol tinta yang diterima, 9 botol ternyata rusak. Sedangkan untuk 31.800 kabel ties, alhamdulillah semuanya lengkap dan dalam kondisi baik,” tambah Jana. 

Proses sortir dan pengecekan sampul masih berlangsung, dan segala kekurangan atau kerusakan akan dilaporkan melalui aplikasi SILOG (Sistem Informasi Logistik Pemilu).

Sejauh ini, selain kotak suara, KPU Kabupaten Banyumas juga telah menerima bilik suara, tinta, segel plastik, segel kertas, dan sampul biasa. Untuk, surat suara dan perlengkapan lainnya masih menunggu jadwal pengiriman dari penyedia. (dms)

Kategori :