Jangan di Skip ! Inilah Hal Utama dan Penting dalam Merawat Motor Matic

Sabtu 19-10-2024,14:35 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

Tips pertama yang sering diabaikan saat merawat mesin motor matic adalah mengendarai sepeda motor matic dengan baik.

BACA JUGA:Bayar Rp900 Ribu per Bulan, Kredit Motor Matic Honda Beat Sporty Deluxe Smartkey Tawarkan Tenor hingga 3 Tahun

BACA JUGA:Spesifikasi Motor Matic Honda PCX 160 Terpilih Menjadi Motor Operasional Tim Repsol Honda di MotoGP Mandalika!

 

Jangan mengemudi dengan kecepatan tinggi kemudian mengerem mendadak untuk kembali mengemudi dengan kecepatan tinggi, atau sebaliknya.

Saat mengendarai sepeda motor matic jangan mempercepat secara tiba-tiba saat mengemudi dengan lambat. Ini akan mempengaruhi umur mesin sepeda motor matic tanpa anda sadari. 

Kecepatan yang tidak stabil tidak hanya berdampak buruk pada mesin Anda, tetapi juga dapat merusak sabuk mesin van Anda.

2. Memanaskan Mesin Motor Matic Secara Rutin

Cara ini sederhana dan sebaiknya dilakukan secara rutin sebelum menggunakan sepeda motor matic di pagi hari.

BACA JUGA:Angsuran Motor Matic Vario Techno 125 CBS di BCA Cuma Rp600 Ribu, DP Murah dan Tenor Panjang!

BACA JUGA:Mau Ajukan Kredit Motor Matic Yamaha Freego di BCA? Ketahui Simulasinya Terlebih Dahulu

 

Setidaknya 5 ampai 10 menit, panaskan mesin sepeda motor matic secara rutin juga memungkinkan oli di dalam mesin melumasi mesin dan memaksimalkan kinerja mesin.

Hanya gunakan kick starter saat memanaskan sepeda motor matic. Menggunakan starter elektrik pasti akan mengurangi beban baterai sepeda motor matic Anda.

Jika dirasa cukup, jangan lupa melepas pedal gas agar oli mesin sepeda motor matic cukup hangat.

3. Harap Gunakan Bahan Bakar Murni

Saat membeli bensin, perhatikan jenis bahan bakarnya. Jika terpaksa tidak dapat membeli bensin di SPBU karena kehabisan ditengah jalan, harap berhati-hati karena tak jarang masyarakat menjual bensin campur.

Kehati-hatian harus dilakukan meskipun jumlah campuran bensinnya sedikit. Kualitas bensin berpengaruh langsung terhadap kualitas mesin sepeda motor matic Anda.

Kategori :