Jangan di Skip ! Inilah Hal Utama dan Penting dalam Merawat Motor Matic

Sabtu 19-10-2024,14:35 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

RADARBANYUMAS.CO.ID - Sepeda motor matic adalah jenis sepeda motor yang bisa berjalan tanpa memerlukan perpindahan gigi manual atau pengoperasian kopling.

Hanya membutuhkan bensin, rem, dan setang yang digunakan untuk menggerakkan sepeda motor matic.

Mesin sepeda motor manual biasanya merupakan kombinasi dari kompartemen mesin, kopling, dan girboks. Namun, pada sepeda motor bertransmisi otomatis atau sepeda motor matic, transmisinya tidak ditempatkan di ruang mesin. 

Teknologi sepeda motor matic mirip dengan teknologi CVT pada mobil, dengan transmisi dan mesin berada di lokasi yang berbeda. Perbedaan ini berarti pada sepeda motor manual tidak bisa diisi oli sepeda motor matic dan sebaliknya.

BACA JUGA:Knalpot Motor Matic Sudah Berkarat ? Simak Cara Menghilangkan Karat pada Knalpot Motor Matic Berikut

BACA JUGA:Pilihan Kredit dan Simulasi Cicilan Motor Matic Honda Beat Sporty CBS 2024 yang Wajib di Pahami Calon Pembeli

Pada sepeda motor manual oli mesin juga berperan sebagai oli transmisi. Karena letak transmisi berbeda dengan mesin, maka oli sepeda motor matic memerlukan jenis oli khusus yang disebut oli gardan. 

Kegunaan sepeda motor ini dimulai pada area CVT di sisi kiri sepeda motor matic. Sepeda motor matic terdiri dari tiga bagian utama, yaitu pulley depan, pulley belakang, dan V belt. 

Pada kecepatan rendah, jari-jari pulley depan sepeda motor matic lebih kecil dibandingkan pulley belakang. Dengan bertambahnya putaran, jari-jari bertambah dan katrol belakang mengecil. 

Sedangkan V belt sepeda motor matic sendiri berfungsi sebagai perantara antara pulley depan dan belakang sehingga memastikan pulley depan dan belakang berfungsi dengan baik.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Motor Matic Stylish yang Bikin Mahasiswi Tampil Kece di Kampus! Super Enteng dan Murah

BACA JUGA:Pengguna Honda Wajib Tau ! Inilah Tips Merawat Motor Matic Honda Beat, Honda Vario, dan Honda Scoopy

 

V belt sepeda motor matic didesain fleksibel dan kuat, membuat proses kerja Anda lebih fleksibel. Karena spesifikasi khusus tersebut, sepeda motor maticmemerlukan perlakuan khusus.

Hal Terpenting dalam Merawat Motor Matic

Di bawah ini adalah tiga langkah utama dan juga yang paling penting dalam merawat sepeda motor matic yang bisa Anda lakukan.

1. Berkendara dengan Stabil

Kategori :