Modifikasi Motor Matic Bisa Berbahaya Apalagi Jika Digunakan untuk Perjalanan Jauh

Jumat 18-10-2024,14:33 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

Misalnya sepeda motor matic yang biasanya menggunakan ukuran 80/90-17. Artinya lebar ban sepeda motor matic harus 80 mm dan tinggi 90-80 mm atau sekitar 70 mm.

2. Menggunakan Ban Siput

Seperti yang sudah disebutkan, jenis ban juga mempengaruhi perjalanan jarak jauh. Kami menemukan bahwa hal ini tidak disarankan bagi orang yang sering memodifikasi kendaraan dengan ban keong atau ban drag race. 

BACA JUGA:Penyebab Tali Gas Sepeda Motor Matic Bisa Putus

BACA JUGA:Cara Merawat Tali Gas Motor Matic agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Pasalnya, kondisi jalan di Indonesia tidak selalu bagus. Dimana masih banyak barang yang tidak mulus, penuh kotoran aspal, atau rusak. Oleh karena itu penggunaan ban ini sangatlah berbahaya. 

Pasalnya, hal itu mempengaruhi daya cengkeram ban terhadap aspal. Hal ini dapat menyebabkan kecelakaan atau menyebabkan sepeda motor matic menjadi tidak stabil saat dikendarai dengan kecepatan tinggi.

3. Motor Matic Dibuat Ceper

Selain itu memodifikasi sepeda motor matic yang juga tidak cocok untuk perjalanan jauh seperti sepeda motor matic dibuat ceper. Pasalnya,shockbreaker yang diperpendek mempengaruhi kenyamanan berkendara. 

BACA JUGA:Knalpot Motor Matic Sudah Berkarat ? Simak Cara Menghilangkan Karat pada Knalpot Motor Matic Berikut

BACA JUGA:Cara Membuat Body Motor Matic Kembali Mengkilap Menggunakan Bahan Alami

Akibatnya, dampaknya cepat membuat pengendara sepeda motor matic cepat merasa lelah. Selain itu, mesin sepeda motor matic juga bekerja lebih keras karena beban terasa lebih berat. 

Tentu saja jalanan di Indonesia banyak yang menanjak dan menurun, yang tentunya dapat menyebabkan kerusakan parah pada sepeda motor matic.

Salah satunya adalah Anda tidak bisa berkendara dengan kecepatan maksimal yang mampu dicapai sepeda motor matic.

4. Menggunakan Lampu Rem Bening dan Lampu Sein

Filter udara yang sering dipilih untuk retrofit umumnya berukuran kecil. Tidak disarankan dalam perjalanan jarak jau sebab bentuknya yang kecil mempengaruhi kemampuannya dalam menyaring kotoran di udara. 

BACA JUGA:4 Motor Matic Murah yang Cocok untuk Kegiatan dengan Produktivitas Tinggi

BACA JUGA:Suzuki Access 125: Motor Matic Klasik yang Cakep dengan Aksen Modern, Segini Harganya

Debu dan air mudah masuk ke karburator dan ruang bakar sepeda motor matic. Jika kotoran atau kotoran masuk maka dapat merusak ruang silinder. Jika air masuk, Anda dapat segera mematikan mesin sepeda motor matic.

Kategori :