Hadapi Musim Penghujan, Pastikan Perjalanan Kereta Tetap Aman

Jumat 04-10-2024,12:19 WIB
Reporter : Dimas Prabowo
Editor : Ali Ibrahim

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto telah menyiapkan berbagai langkah antisipatif guna menghadapi musim penghujan. Persiapan ini dilakukan untuk memastikan perjalanan kereta api tetap berjalan aman, lancar, dan terkendali.

Feni Novida Saragih, Manager Humas Daop 5 Purwokerto, menjelaskan bahwa pihak DAOP 5 telah melakukan inspeksi menyeluruh terhadap kondisi jalur kereta api (KA), Rabu (2/10/2024).

“Memasuki musim penghujan, Daop 5 Purwokerto telah melakukan sejumlah pemeriksaan lintas untuk memastikan kondisi jalur KA. Terbaru, kita, Daop 5 Purwokerto melakukan inspeksi bersama di Bumiayu dan Prupuk yang langsung dipimpin oleh Vice President (VP) Daop 5 Purwokerto Gun Gun Nugraha bersama para manajer terkait. Fokusnya pada kondisi drainase dan komponen jalur KA,” jelas Feni pada Kamis (3/10/2024).

Langkah yang diambil tidak hanya terbatas pada inspeksi fisik. Langkah preventif juga dilaksanakan oleh Daop 5 Purwokerto.

BACA JUGA:Hujan Deras Sore, Rumah Ropini Ambruk Dilanda Longsor

“Tim DAOP 5 telah melakukan normalisasi saluran di tebing dan gunung, serta normalisasi saluran bawah seperti sipon. Selain itu, pembuatan saluran dengan batu kali dan penopingan pohon di sepanjang jalur KA yang berpotensi tumbang juga telah dilakukan,” tambah Feni.

Tidak hanya itu, Daop 5 Purwokerto juga telah berkoordinasi dengan desa-desa di sekitar jalur kereta untuk mengimbau warga agar tidak membuang sampah ke aliran air yang menuju jalur kereta, serta melarang penanaman palawija di tebing untuk menjaga kestabilan tanah. 

Menurut Feni, kolaborasi dengan masyarakat setempat sangat penting dalam menjaga keamanan perjalanan KA. Selain langkah preventif, KAI Daop 5 Purwokerto juga menyiapkan Alat Material untuk Siaga (AMUS) di beberapa lokasi strategis. 

“AMUS ini terdiri dari berbagai material seperti batu balas, bantalan rel, pasir, karung, besi, dan alat penambat rel. Semua ini siap digunakan jika terjadi hambatan akibat cuaca ekstrem,” ungkap Feni.

BACA JUGA:Seorang Sales Alami Pembegalan di Desa Kedawung Kecamatan Kroya, Uang Rp 70 Juta Dibawa Kabur Pelaku

Dengan berbagai langkah antisipatif ini, PT KAI Daop 5 Purwokerto berkomitmen untuk mewujudkan perjalanan kereta yang aman dan nyaman, meski di tengah tantangan cuaca. 

"Kami berkomitmen dan berupaya semaksimal mungkin untuk senantiasa mewujudkan perjalanan kereta api yang selamat, aman, dan nyaman bagi seluruh pelanggan kami," tutup Feni. (dms)

Kategori :