Dua Ekor Trenggiling Masuk Pemukiman Warga, Damkar Kroya Lakukan Evakuasi

Selasa 01-10-2024,16:28 WIB
Reporter : Rayka Diah Setianingrum
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Petugas Pemadam Kebakaran Kroya mengevakuasi dua ekor trenggiling yang masuk ke rumah warga di Jalan Kroya Nusawungu, Desa Mergawati, Kecamatan Kroya, Selasa (1/10/2024).

Setelah berhasil dievakuasi, hewan dilindungi bernama latin Manis javanica tersebut dibawa ke Pos Damkar Kroya dan akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Cilacap untuk dilepasliarkan.

"Kami menerima laporan melalui WhatsApp Pos Damkar Kroya pada pukul 09.00 WIB, kalau ada trenggiling di rumah pelapor," kata Kepala UPT Damkar Cilacap, Supriyadi.

Dia mengatakan, trenggiling yang masuk permukiman warga tersebut berjumlah dua ekor yang diperkirakan merupakan anak dan induknya.

BACA JUGA:Suhu Udara di Kabupaten Cilacap dan Sekitarnya Terasa Lebih Panas dari Hari Biasanya, Ini Penjelasan BMKG

BACA JUGA:Banyak Lampu Penerangan Jalan Umum Rusak di Cilacap

"Pelapor menemukan hewan trenggiling betina dan anaknya di pekarangan belakang rumah. Karena takut sehingga menghubungi kami, kemudian kami menuju lokasi dan melakukan evakuasi," kata Supriyadi.

Tidak memakan waktu lama, sekitar lima menit petugas Pos Damkar Kroya berhasil melakukan evakuasi dan mengamankan dua ekor trenggiling tersebut. 

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk waspada jika menemukan hewan liar masuk ke pemukiman. Masyarakat tidak diperkenankan untuk menghadapi maupun menangkap hewan liar tersebut jika tidak memiliki keahlian khusus. 

"Jika ada hewan liar masuk pemukiman jangan diusir sendiri, segera menghubungi pihak Damkar Cilacap untuk evakuasi hewan tersebut," kata Supriyadi. (ray)

Kategori :