Tim Damkar Cilacap Evakuasi Ular yang Resahkan Warga Tritih Kulon Cilacap

Senin 30-09-2024,17:15 WIB
Reporter : Rayka Diah Setianingrum
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Seekor ular jenis cincin emas, berada di pohon dekat rumah warga di Jalan Wisata Payau RT 01 RW 011 Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara, Senin (30/9/2024).

Ular tersebut diketahui saat pemilik rumah Ferdi Irawan, sedang duduk di teras depan rumahnya. 

Karena panik melihat ular tersebut, pemilik rumah langsung menghubungi Petugas Damkar Cilacap. Tak lama kemudian, petugas datang.

Kepala UPT Damkar Cilacap, Supriyadi mengatakan, setelah mendapat laporan, petugas langsung mendatangi TKP.

BACA JUGA:Soal Pembangunan Pasar Kroya Cilacap, BKB : Jangan Lupakan Sejarah dan Dipolitisir

BACA JUGA:Pengangguran Masih Banyak, Pemkab Cilacap Alokasi Anggaran untuk Tangani Pengangguran

"Sekitar pukul 12.30 WIB, pemilik rumah sedang berada teras rumah dan duduk di bawah pohon. Kemudian melihat di atas pohon ada ular," katanya.

Petugas yang mendapat informasi tersebut tiba dilokasi pukul 13.00 WIB. Butuh waktu setengah jam, ular yang bersembunyi di pohon tersebut berhasil ditangkap. 

Ular berukuran 1 meter tersebut kemudian dimasukkan ke dalam karung dan dibawa ke Pos Damkar Cilacap.

Supriyadi mengatakan, penanganan ini dilakukan karena petugas Damkar Cilacap sudah memiliki kemampuan dan peralatan pendukung untuk mengamankan hewan liar.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat, apabila menjumpai hewan liar yang mengganggu agar lapor ke Damkar atau Pos terdekat, dan tidak dikenakan biaya.

"Mayoritas permintaan evakuasi hewan liar adalah lebah. Kejadian ini sudah kita tangani di 24 kecamatan. Kebanyakan hewan liar ini ditemukan di rumah warga, bangunan atau fasilitas umum," kata dia. 

Pihaknya berpesan agar warga bisa hati-hati dan selalu mengecek dan memperhatikan kondisi rumah dan lingkungan agar tetap bersih dan nyaman.

Sementara itu, Ferdi mengucapkan berterimakasih kepada petugas Damkar karena telah merespon cepat dan membantu evakuasi ular di rumahnya. (ray)

Kategori :