Ciri-Ciri Oli Gardan Motor Matic Sudah Habis

Jumat 27-09-2024,18:35 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

Saat oli gandar sepeda motor matic mulai mengalir, gesekan antar komponen di dalam CVT sepeda motor matic menimbulkan kebisingan yang berlebihan dan mengganggu.

3. Oli Hitam

Perubahan warna oli sepeda motor matic juga merupakan suatu pertanda. Oli sepeda motor matic yang sehat berwarna emas atau coklat muda.

BACA JUGA:Pesaing Aerox, Inilah Motor Matic Yamaha yang Baru Meluncur dengan Harga Rp43 Jutaan

BACA JUGA:Tanpa Bunga, Kredit Motor Matic Yamaha Lexi di BSI Tawarkan Cicilan Termurah Rp700 Ribuan

Jika warna oli berubah menjadi hitam, berarti oli terkontaminasi oleh partikel-partikel yang menumpuk di dalam oli.

4. Perubahan Konsistensi Oli

Jika kualitas oli menurun, konsistensi sepeda motor matic pun berubah. Cara pengecekannya yang mudah adalah dengan memasukkan obeng berukuran 15cm ke bagian belakang CVT.

Pastikan pengemudi motor matic dalam keadaan kering dan periksa kondisi oli yang menempel. Jika oli berbentuk cair, berbusa, dan terdapat kerak kapur, berarti oli sudah aus dan terkontaminasi kotoran sehingga harus diganti.

5. Overheating

Oli gardan selain berfungsi sebagai pelumas juga berfungsi untuk mendinginkan komponen gardan dan transmisi sepeda motor matic. Jika oli gardan habis maka mesin sepeda motor matic akan mengalami overheat.

BACA JUGA:Tips Pintar Memberlakukan ID Tag di Remote Keyless Motor Matic

BACA JUGA:Cara Mengganti Baterai Smart Key pada Motor Matic Honda ADV 160

Gejalanya antara lain suhu mesin berlebihan, mesin motor matic tidak mau hidup, bau menyengat dari knalpot, dan mesin motor matic mati secara tiba-tiba. Segera ganti oli gardan motor matic di bengkel terdekat.

6. Hilangnya Tenaga

Bila oli gardan habis atau aus maka kinerja mesin sepeda motor matic menurun. Apalagi saat menanjak, kabel throttle menjadi berat dan sepeda motor matic kehilangan tenaga.

Kategori :