Tim Pengabdian Masyarakat LPPM Unsoed Berikan Latihan Terstruktur pada Komunitas Lari di Banyumas

Rabu 11-09-2024,18:44 WIB
Reporter : LPPM Unsoed
Editor : Laily Media Yuliana

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Semakin meningkatnya popularitas olahraga lari di Kabupaten Banyumas, membuat semakin banyaknya pelari rekreasional yang tergabung dalam komunitas.

Tujuan dari para pelari untuk bergabung dengan komunitas juga beragam, ada yang hanya memiliki jadwal berlari yang sama dengan jadwal komunitas, ada yang Bersama-sama untuk persiapan mengikuti event Race, dan berbagai alasan lainnya.

Namun dalam komunitas lari terkadang masih belum banyak dibahas terkait program Latihan yang bisa meningkatkan performa dalam berlari khususnya pada peningkatan kapasitas kardiovaskuler atau VO2Max.

Oleh karena itu, tim Pengabdian Kepada Masyarakat yang didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), berinisiatif dengan memberikan pendampingan Latihan terstruktur kepada komunitas lari yang ada di Banyumas yaitu Fun Run Purwokerto dan Banyumas Runners. 

Tim Pengabdi yang diketuai oleh Arfin Deri Listiandi, S.Pd., M.Pd. yang merupakan dosen dari Prodi Pendidikan Jasmani Unsoed beserta Tim memberikan pendampingan dengan beberapa sesi Latihan yang diawali dengan pengambilan data Pre-Test, terkait pengetahun bentuk Latihan.

Kemudian, sesi pertama dilaksanakan pada 21 Agustus 2024 yang dilaksanakan di Pelataran Parkir Hotel Aston Purwokerto, yaitu meningkatkan Teknik berlari melalui Latihan running Drills dengan memperkenalkan Teknik-teknik ABC-Running seperti Ankling, High Knee, Heel Butt Kick, A Skip, B Skip, C skip dan Teknik lainnya.

Dalam pelaksanaannya dibantu oleh anggota tim PKM, Yudhi Teguh Pambudi, S.Pd., M.Or., Galih Yoga Santiko, M.Or. dan Muhamad Syafei, M.Kes.

Dalam sesi berikutnya yang dilaksanakan pada 28 Agustus dan 4 September 2024 di Gor Satria Purwokerto. Bentuk Latihan yang diberikan berupa metode Latihan yang bisa meningkatkan VO2Max seperti Tempo Run, Extensive Interval, Fartlek, Progressive Run dan Interval Pyramid.

Bentuk-bentuk Latihan tersebut didapatkan dari beberapa riset yang menyatakan bahwa dengan berlatih lari dengan menambahkan sesi kecepatan dalam program Latihan bisa meningkatkan VO2Max Pelari.

Dari pendampingan tersebut  beberapa member komunitas yang mengikuti pendampingan menyatakan mendapatkan pengetahuan baru tentang Latihan untuk meningkatkan VO2Max nya, dan memahami bahwa Latihan berlari itu tidak hanya asal berlari, seperti yang disampaikan oleh salah satu anggota Member komunitas Fun Run Purwokerto, Ivan Riantoro menyatakan

“Ternyata selama ini kami belum banyak mengetahui mengenai bentuk-bentuk Latihan dalam berlari, dan kami merasa beruntung bisa mengikuti kegiatan ini sehingga bisa berlatih untuk mendapatkan personal Best pada saat mengikuti Race nantinya," ujarnya.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dari para pelari yang tergabung dalam komunitas karena menjadi bekal yang baik dalam mempersiapkan Latihan mereka untuk menghadapi event lari yang semakin banyak. (*/ads)

Kategori :