Puluhan Pohon Tecoma Stans di Jalan Bung Karno Mulai Berbunga

Selasa 03-09-2024,11:12 WIB
Reporter : Yudha Iman Primadi
Editor : Ali Ibrahim

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pohon Hias Tecoma Stans atau Bunga Terompet Kuning yang ditanam oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banyumas di dua titik memasuki awal September mulai bermekaran.

Kepala DLH Banyumas, Widodo Sugiri mengatakan pohon yang saat ini berbunga dengan warna bunga kuning di Jalan Bung Karno bukanlah pohon Tadebuya. Pohon tersebut bernama Tecoma Stans yang ditanam sekitar satu tahun yang lalu. Selain di Jalan Bung Karno, sebagian Pohon Tecoma Stans juga ditanam di sebagian median Jalan Gerilya tidak jauh dari Tugu Adipura.

"Di Jalan Bung Karno ada 50an pohon. Lainnya di Jalan Gerilya," katanya pada Radarmas, Selasa (3/9).

Widodo menjelaskan pertimbangan dipilihnya pohon Tecoma Stans untuk ditanam di Jalan Bung Karno mulai depan Menara Teratai adalah ketinggian pohon yang tidak terlalu tinggi dan akar pohon tidak merusak trotoar atau median jalan. Selain itu Pohon Tecoma Stans juga bisa berbunga sepanjang tahun.

BACA JUGA:Bagi Waktu untuk Kantor dan Keluarga Ala Anggota Fraksi PKS DPRD Purbalingga, Niken Hindriyaningsih

"Ke depan bisa ditambah untuk di Jalan Bung Karno. Pembibitan bakal dilakukan di Banyumas untuk memperbanyak pohon," terang dia.

Disinggung mengenai biaya penanaman Pohon Tacoma Stans, untuk satu batang Pohon Tacoma Stans setinggi kurang lebih satu meter harganya sekitar Rp 300 ribuan. Dengan harga yang tidak murah tersebut, untuk awal penanaman tidak bisa langsung dalam jumlah banyak.

BACA JUGA:Minimalisir Korban Jiwa, Warga Kelurahan Tegalkamulyan, Cilacap Selatan Lakukan Simulasi Bencana Tsunami

"Pembelian awal bibit di Karawang," pungkas Widodo. (yda)

Kategori :