Lima RT di Desa Kalialang Kekurangan Air Bersih

Kamis 05-09-2024,13:29 WIB
Reporter : Aditya Wisnu Wardana
Editor : Bayu Indra Kusuma

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Sebanyak lima wilayah Rukun Tetangga (RT) di dua Rukun Warga (RW), Desa Kalialang, Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga, mulai kesulitan air bersih.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga Prayitno, kepada Radarmas, Kamis, 4 September 2024.

"Desa Kalialang sudah mengajukan permohonan air bersih kepada kami (BPBD Kabupaten Purbalingga, red)," ungkapnya.

Dia menjelaskan, lokasi terdampak kekurangan air bersih berada di wilayah RW 1 mulai dari RT 1, 2, dan 3. Serta, RW 4 mulai dari wilayah RT 10 dan 11.

BACA JUGA:20 Tandon Air Besar Siap Dipinjamkan BPBD di Lokasi Krisis Air Bersih

BACA JUGA:Kekeringan di Purbalingga, 13 Desa di Sembilan Kecamatan Kekurangan Air Bersih

"Jumlah KK (Kepala Keluarga, red) yang terdampak sebanyak 45 KK atau sejumlaj 118 jiwa," jelasnya.

Ditambahkan olehnya, Desa Kalialang, jumlah bantuan yang diberikan sebanyak 10 rubu liter air bersih atau sebanyak 2 truk tangki. "Bantuan sudah Kamis distribusikan," tambahnya.

Dia menjelaskan, hingga saat ini sudah 14 desa di sembilan kecamatan yang terdampak bencana kekurangan air bersih atau kekeringan. "Terbaru adalah Desa Kalialang," lanjutnya.

Sebanyak, 14 desa di sembilan kecamatan terdampak kekurangan air bersih, yang sudah mengajukan bantuan air bersih ke BPBD Kabupaten Purbalingga.

BACA JUGA:Kekeringan di Kabupaten Purbalingga Semakin Meluas, Total 10 Desa Alami Kekurangan Air Bersih

BACA JUGA:Update Kekeringan di Purbalingga, Sembilan Desa Terdampak Kekurangan Air Bersih

Yakni, Bandingan (Kecamatan Kejobong), Slinga (Kecamatan Kaligondang), Candinata (Kecamatan Kutasari), Bokol dan Kalialang (Kemangkon), Karangpucung (Kecamatan Kertanegara), Pandansari (Kejobong), Arenan dan Sidanegara (Kaligondang), Serang (Karangreja), Pepedan (Karangmoncol), Wanogara Kulon (Rembang), serta Brakas dan Kaliori (Karanganyar).

Sementara itu, diketahui pada tahun 2023, sebanyak 82 desa di 15 kecamatan di wilayah Kabupaten Purbalingga, yang terdampak kekeringan dan kekurangan air bersih.

Kategori :