Penyebab Mesin Motor Matic Tidak Nyala Walaupun Sudah Distarter dan Diengkol

Rabu 28-08-2024,05:31 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

Untuk mengatasi masalah sepeda motor matic tidak mau hidup dan engkol dengan mudah, berikut beberapa penyebab masalah yang perlu Anda ketahui, diambil dari beberapa sumber.

1. Tegangan Aki Rendah

Penyebab aki sepeda motor matic lemah adalah jika tegangan terlalu tinggi maka komponen tidak mampu menunjang proses pengapian sepeda motor matic.

BACA JUGA:Miliki Rangka dan Bodi yang Kokoh: Inilah 6 Rekomendasi Motor Matic yang Cocok untuk Dagang Keliling

BACA JUGA:Motor Matic Yamaha Mio M3 125 Lebih Cocok Buat GenZ Dibandingkan Honda BeAt , Emang Iya?

 

Seperti yang Anda ketahui, aki merupakan salah satu komponen yang bertugas untuk menggerakkan beberapa komponen pada sepeda motor matic, termasuk kunci kontak.

Tegangan baterai optimal biasanya sekitar 12 volt. Jika nilai ini turun di bawah nilai tersebut, Anda tidak akan dapat memutar engkol pada 450 rpm karena baterai akan habis dan tidak mampu lagi mendukung proses pengapian.

2. Hubungan Pendek pada Sistem Starter

Penyebab yang kedua adalah hubungan pendek pada sistem starter. Hal ini biasanya terjadi pada terminal 30 pada starter, yang terletak pada logam mesin dan dihubungkan ke ground baterai.

BACA JUGA:Murah Banget! Segini Harga Jual Motor Matic Generasi 1 di Tahun 2024

BACA JUGA:5 Perbedaan Mencolok antara Vespa Matic dengan Motor Matic

 

Salah satu cara mendeteksi korsleting adalah dengan mencari bekas terbakar yang gelap dan keras di area tersebut. Jika ada bekas terbakar berarti sekring starter putus dan starter sepeda motor matic sudah pasti rusak.

Cara memperbaikinya sangat sederhana. Caranya cari area korsleting, buka bagian yang terbakar dan bersihkan. Anda kemudian dapat memasangnya kembali dan menambahkan isolasi untuk perlindungan tambahan.

3. Kerusakan Busi

Kategori :