Penyebab Mesin Motor Matic Tidak Nyala Walaupun Sudah Distarter dan Diengkol

Rabu 28-08-2024,05:31 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

Berbicara mengenai pembakaran sepeda motor matic, tentunya kita juga harus membahas komponen busi yang merupakan salah satu komponen utama dalam sistem pengapian sepeda motor matic.

BACA JUGA:Efek Negatif dari Telat Mengganti Oli Mesin Motor Matic, Jangan Sampai Terjadi!

BACA JUGA:Bahaya! Ini Penyebab Mesin Motor Matic Mengalami Overheat

Masalah busi pun bermacam-macam, mulai dari busi yang sudah habis masa pakainya, busi kendor, hingga busi basah atau kotor.

Mesin motor matic tidak bisa dihidupkan atau diengkol, selain karena rusaknya kabel busi motor matic. Sebab komponen ini berperan sebagai penghubung antara tutup busi dengan kumparan yang menjaga tegangan yang masuk ke busi.

4. Bensin Tidak Turun

Bagi mereka yang masih menggunakan sepeda motor matic sistem bahan bakar tradisional atau karburator, bensin tidak turun mungkin menjadi penyebab utamanya.

Hal ini umumnya disebabkan oleh udara yang terperangkap di dalam selang bahan bakar, karena tidak ada pompa yang memberikan tekanan pada bensin.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan melepas selang radiator yang terhubung ke saluran masuk karburator, biasanya menggunakan penjepit kawat, dan menunggu hingga bensin mengalir normal.

Sekarang Anda dapat memasang selang dan menghidupkan mesin sepeda motor matic. 

Itulah mengenai beberapa hal yang menyebabkan sepeda motor matic Anda tidak bisa nyala meski sudah distarter dan diengkol. (fah)

Kategori :