Menkes Resmikan Layanan Linac dan Gedung Dialisis Rumah Sakit Margono Soekarjo

Sabtu 24-08-2024,08:58 WIB
Reporter : Laily Media Yuliana
Editor : Laily Media Yuliana

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin melakukan kunnungan ke Rumah Sakit Prof Dr Margono Soekarjo, Jumat (23/8/2024. Dalam kunjungannya tersebut, bertujuan mengenai Penguatan Transformasi Layanan Rujukan Kanker, Jantung, Stroke, dan Uronefrologi (KJSU) Kelas A.

Sekaligus meresmikan Layanan Linac dan Gedung Dialisis. Dilanjutkan dengan meninjau ruangan baru serta pelayanan di Instalasi Hemodialisa dan berinteraksi dengan pasien.

Hemodialisa, yang lebih dikenal masyarakat sebagai cuci darah, merupakan prosedur medis untuk menyaring limbah dan air dari darah. Umumnya diperlukan oleh pasien dengan gangguan fungsi ginjal.

Di tengah kunjungannya, Menkes Budi menekankan, ruang hemodialisa yang baik adalah yang tidak dipenuhi pasien.

"Ruang hemodialisa itu yang bagus adalah ruang hemodialisa yang tidak ada isinya. Karena jangan sampai terkena hemodialisa," ucap Budi.

Pernyataan ini mencerminkan harapan Menkes, agar jumlah pasien yang memerlukan hemodialisa dapat terus berkurang. Hal ini sejalan dengan imbauannya pada masyarakat agar menjaga kesehatan, khususnya dengan mengurangi konsumsi gula dan memperbanyak aktivitas fisik.

"Jaga kesehatan, kurangi minum gula, rajin berolahraga, harus gerak terus minimal lima kali seminggu, dan rajin ke puskesmas," tambahnya.

Menkes Budi juga menekankan pentingnya kesadaran masyarakat untuk lebih peka terhadap kondisi kesehatannya. Dia mengingatkan, agar rutin melakukan pengecekan kesehatan di fasilitas kesehatan terdekat sebagai langkah preventif terhadap berbagai penyakit.

Kunjungan ini menyoroti komitmen RSUD Prof Dr Margono Soekarjo dalam memberikan pelayanan kesehatan yang optimal dan mendorong masyarakat untuk hidup lebih sehat, dengan harapan mengurangi beban penyakit kronis seperti yang membutuhkan terapi hemodialisa.

Kategori :