Kondisi Jalan Sembawa-Asinan di Kecamatan Kalibening Rusak Parah

Kamis 15-08-2024,17:11 WIB
Reporter : Pujud Andriastanto
Editor : Susi Dwi Apriani

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kondisi ruas jalan Sembawa-Asinan di Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara, semakin memprihatinkan. Jalan yang menjadi akses utama bagi warga Desa Asinan ini kini rusak parah, memicu kekhawatiran akan keselamatan penggunanya.

Menurut Darjono, warga Desa Asinan, kerusakan jalan sudah terjadi sejak lama dan terus memburuk. Ia merasa beruntung karena saat ini musim kemarau, sehingga jalan masih bisa dilewati.

"Jika sudah masuk musim hujan, jalan ini hampir tidak bisa dilalui," ungkapnya, Kamis (15/8/2024).

Kerusakan parah pada jalan ini juga berdampak pada biaya angkutan hasil bumi, yang semakin meningkat. Beberapa titik jalan bahkan terlalu sulit dilalui oleh kendaraan roda empat, memaksa warga untuk memindahkan muatan menggunakan kendaraan lain.

BACA JUGA:Obyek Wisata Kawah Sikidang Dieng Ditutup 10 Hari, Ini Alasannya

BACA JUGA:Krisis Air Bersih di Banjarnegara, Warga Andalkan Droping Air

Kepala Desa Asinan, Heru Purwoko menjelaskan, kondisi terburuk terjadi di tanjakan "punthuk bayi," di mana badan jalan ambles dan sangat berbahaya. "Banyak mobil yang kandas di sini. Warga harus sangat berhati-hati ketika melintas," jelasnya. 

Heru juga menyatakan bahwa sudah banyak kecelakaan dan kerusakan kendaraan yang terjadi di lokasi ini, dan mendesak pemerintah untuk segera melakukan perbaikan karena jalan tersebut merupakan satu-satunya akses keluar masuk bagi warga.

Menanggapi keluhan warga, Kabid Bina Marga DPUPR Kabupaten Banjarnegara, Hermawan Tutut menyebutkan bahwa pemerintah sudah mengalokasikan anggaran untuk perbaikan jalan tersebut tahun ini.

Fokus perbaikan akan dilakukan pada jembatan yang menghubungkan Desa Sembawa dan Asinan serta beberapa titik di badan jalan.

"Saat ini kami sedang dalam proses administrasi untuk pengadaan barang dan jasa. Setelah semua proses selesai, kami akan segera melakukan perbaikan," kata Hermawan.

Ia berharap tidak ada kendala yang muncul dalam proses ini, sehingga perbaikan dapat segera dilaksanakan.

Warga Desa Asinan kini hanya bisa berharap, agar perbaikan jalan segera dilakukan untuk mengurangi risiko dan memastikan keselamatan mereka saat menggunakan jalan ini. (jud)

Kategori :