Fatal! Ini Dampak Negatif Akibat Motor Matic Terkena Air Asin

Kamis 15-08-2024,11:06 WIB
Reporter : Aditya Kurniawan
Editor : Ali Ibrahim

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dampak negatif akibat motor matic terkena air asin, antara lain dapat menyebabkan korosi pada komponen logam, kerusakan pada sistem kelistrikan. Serta mempercepat keausan pada bagian-bagian mesin yang terbuat dari logam, atau memiliki pelapis pelindung yang tidak tahan terhadap garam.

Motor matic merupakan salah satu jenis kendaraan yang paling digemari di Indonesia karena kepraktisannya. Namun, pengguna motor matic harus berhati-hati terhadap kondisi lingkungan di sekitar mereka, terutama jika sering berada di daerah pantai atau kawasan yang dekat dengan laut.



Air asin, yang merupakan hasil dari campuran air laut dengan garam, dapat memberikan dampak negatif akibat motor matic terkena air asin. Meskipun dampak ini tidak selalu langsung terlihat, efek jangka panjangnya bisa sangat merugikan.

1. Korosi Pada Komponen Logam

Air asin memiliki kandungan garam yang tinggi, dan garam merupakan salah satu zat yang sangat korosif terhadap logam.

BACA JUGA:WOW Ini Harga Motor Matic Yamaha Termurah di Indonesia! Gimana Spesifikasinya?

BACA JUGA:Nggak Pasaran! Ini 10 Daftar Harga Motor Matic Bekas Rp10 Jutaan dengan Merek Langka

Ketika air asin mengenai motor matic, terutama pada bagian-bagian logam seperti rangka, knalpot, dan baut-baut, proses korosi atau karat akan berlangsung lebih cepat dibandingkan dengan paparan air tawar biasa.

Korosi yang terjadi bisa mengurangi kekuatan dan integritas struktur motor, membuat komponen menjadi rapuh, dan akhirnya rusak. Jika tidak ditangani, korosi yang parah dapat menyebabkan kegagalan struktural yang membahayakan keselamatan pengendara.

Selain itu, bagian yang paling sering terkena air asin adalah area bawah motor, termasuk kaki-kaki dan rem. Bagian ini sangat rentan terhadap korosi karena sering kali tidak mendapatkan perhatian khusus saat dibersihkan.

Akibatnya, performa rem dapat menurun karena komponen-komponennya mengalami korosi. Hal ini tentunya berpotensi menyebabkan kecelakaan jika tidak segera ditangani.

2. Kerusakan Pada Sistem Kelistrikan

Motor matic dilengkapi dengan berbagai sistem kelistrikan yang kompleks, termasuk ECU (Electronic Control Unit) yang mengatur berbagai fungsi mesin.

BACA JUGA:Murah Tapi Mewah! 5 Harga Motor Matic Honda 15 Jutaan yang Siap Dipinang

BACA JUGA:Wow, Harga Motor Matic TVS di Bawah Rp 15 Juta! Cek Daftarnya di Sini

Air asin dapat dengan mudah meresap ke dalam komponen kelistrikan, melalui celah-celah kecil dan sambungan-sambungan kabel. Kandungan garam dalam air asin bersifat konduktif, yang berarti dapat menyebabkan hubungan arus pendek (short circuit) pada sistem kelistrikan motor.

Ketika terjadi arus pendek, motor matic bisa mengalami berbagai masalah, mulai dari mesin yang tidak bisa dinyalakan hingga kerusakan pada komponen kelistrikan seperti lampu, indikator, dan perangkat elektronik lainnya.

Biaya perbaikan sistem kelistrikan yang rusak akibat air asin bisa sangat mahal, dan dalam beberapa kasus, kerusakan ini bahkan tidak bisa diperbaiki lagi, sehingga memerlukan penggantian komponen.

3. Pengurangan Kinerja Mesin

Salah satu dampak yang sering diabaikan dari paparan air asin, adalah pengurangan kinerja mesin. Air asin dapat masuk ke dalam sistem pembakaran melalui celah-celah kecil, terutama jika motor sering melewati genangan air laut atau terparkir dekat dengan pantai.

BACA JUGA:Berapa Sih Harga Motor Matic Yamaha Aerox Connected? Temukan Spesifikasi dan Cicilan Terbarunya!

BACA JUGA:Pentingnya Selalu Cek Kelistrikan Motor Matic Sebelum Bepergian Jauh: Selalu Waspada!

Garam yang terbawa oleh air asin dapat menempel pada bagian-bagian dalam mesin, seperti ruang bakar dan injektor bahan bakar.

Akumulasi garam di dalam mesin bisa menyebabkan berbagai masalah, seperti penumpukan kerak, yang akhirnya mengurangi efisiensi pembakaran bahan bakar.

Selain itu, partikel garam yang kasar juga bisa menyebabkan goresan pada dinding silinder dan piston, yang berujung pada penurunan kompresi mesin. Akibatnya, performa motor matic akan menurun, konsumsi bahan bakar meningkat, dan motor mungkin akan sering mogok.

4. Gangguan Pada Sistem Pendingin

Motor matic modern biasanya dilengkapi dengan sistem pendingin cairan, untuk menjaga suhu mesin tetap stabil. Namun, paparan air asin dapat menyebabkan korosi pada komponen sistem pendingin, seperti radiator, selang, dan pompa air.

BACA JUGA:Yuk Simak! Penyebab Tarikan Motor Matic Beat Street Lemah

BACA JUGA:Harga Beda Jauh Antara Motor Matic Yamaha Xmax Connected vs Honda Forza, Mana yang Lebih Tangguh ?

Jika korosi terjadi pada radiator, kemampuan sistem pendingin untuk membuang panas dari mesin akan berkurang, yang dapat menyebabkan mesin menjadi overheat.

Overheat pada mesin sangat berbahaya, karena dapat merusak komponen-komponen vital seperti gasket kepala silinder, dan bahkan menyebabkan mesin mati total.

Jika sudah mencapai tahap ini, perbaikan yang diperlukan bisa sangat mahal dan memakan waktu. Oleh karena itu, menjaga agar motor matic tetap terlindungi dari air asin, adalah langkah yang sangat penting untuk mencegah kerusakan pada sistem pendingin.

5. Penurunan Estetika Motor

Meskipun mungkin terdengar sepele, paparan air asin juga dapat merusak penampilan motor matic. Cat pada bodi motor bisa memudar atau mengelupas lebih cepat jika sering terkena air asin.

BACA JUGA:Motor Sport dan Motor Matic Yamaha Paling Awet

BACA JUGA:Pengereman Motor Matic Kurang Pakem? Simak Penyebabnya!

Selain itu, korosi pada komponen logam juga bisa menyebar ke bagian yang terlihat, seperti knalpot dan pelek, yang mengurangi daya tarik visual motor.

Bagi sebagian orang, penampilan motor adalah hal yang penting, terutama jika motor tersebut sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari atau dipamerkan pada acara tertentu.

Oleh karena itu, menjaga motor agar tetap bersih dari air asin tidak hanya penting untuk kinerja, tetapi juga untuk estetika.

6. Pencegahan dan Perawatan

Agar motor matic Anda tetap awet dan terlindungi dari dampak negatif air asin, ada beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan. Pertama, hindari sebisa mungkin membawa motor matic ke daerah yang sering tergenang air laut, atau terkena cipratan air asin.

BACA JUGA:Limited Edition! Honda Keluarkan Motor Matic Scoopy Edisi Hello Kitty

BACA JUGA:5 Hal Sepele Ini Bisa Mengurangi Kecepatan Motor Matic

Jika tidak bisa dihindari, segera cuci motor dengan air tawar setelah terkena air asin, untuk menghilangkan sisa-sisa garam yang menempel.

Selain itu, rutin lakukan pemeriksaan pada bagian-bagian yang rentan terkena korosi, seperti rangka, knalpot, dan sistem kelistrikan. Penggunaan pelindung anti karat juga sangat dianjurkan, terutama pada bagian bawah motor yang paling sering terkena cipratan air.

Terakhir, pastikan untuk melakukan perawatan berkala di bengkel resmi, agar semua komponen motor matic tetap dalam kondisi optimal.

Memahami dampak negatif akibat motor matic terkena air asin, Anda bisa mengurangi risiko kerusakan akibat air asin dan menjaga agar motor matic tetap dalam kondisi prima. (akr)

Kategori :