Pasangan Ma'ruf-Imanda Resmi Mendapat Rekom Maju Pilkada Banyumas 2024

Jumat 09-08-2024,11:34 WIB
Reporter : Dimas Prabowo
Editor : Ali Ibrahim

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Menjelang masa pendaftaran Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Banyumas, arah Partai Politik terus bergerak, dan sulit ditebak.

Sejumlah Partai politik sempat berlomba-lomba mengeluarkan surat tugas, yang sempat dinarasikan sebagai surat rekomendasi, ke beberapa bakal calon (bacalon) Bupati dan Wakil Bupati.

Ada surat tugas dari PKB yang diturunkan ke Dwi Asih Lintarti dari PKB untuk berpasangan dengan Sadewo Tri Lastiono yang berasal dari PDI Perjuangan sebagai calon bupati dan wakilnya. Serta Rachmat Imanda dari Gerindra, juga mendapat surat tugas dari partainya.

BACA JUGA:Permintaan Tinggi dan Pendonor Minim, Stok Darah di UDD PMI Kabupaten Purbalingga Kembali Krisis

Belakangan, ramai diinformasikan bahwa tiga partai politik dari enam partai politik yang tergabung dalam Koalisi Banyumas Maju (KBM). Yaitu Golkar, Gerindra dan Nasdem, dikabarkan mengusung Ma'ruf Cahyono untuk berpasangan dengan Rachmat Imanda untuk maju dalam Pilkada Banyumas 2024.

Bukan lagi surat tugas, namun sudah surat rekomendasi. Surat Keputusan tersebut bernomor; Skep-797/DPP/GOLKAR/VII/2024 tentang pengesahan pasangan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah dalam rangka mengikuti pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Banyumas dari Partai Golkar pada Pilkada serentak 2024.

Ditandangani oleh Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto dan Sekjen Partai Golkar, Lodewijk F. Paulus pada tanggal 31 Juli 2024. 

BACA JUGA:Euforia Surut, Batu Klawing Khas Purbalingga Masih Dilirik

Yang selanjutnya, menugaskan DPD Partai Golkar Banyumas untuk menindaklanjuti keputusan tersebut dengan mendaftarkan pasangan calon Ma'ruf-Imanda ke KPU Banyumas sebagai Calon bupati dan Wakil. 

Keputusan tersebut juga sudah bersifat final dan mengingatkan bagi seluruh jajaran pengurus dan fungsionaris serta kader dan anggota Partai Golkar.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPD II Partai Golkar Banyumas, Arief Dwi Kusuma Wardhana mengatakan, pihaknya belum menerima surat rekomendasi tersebut secara fisik. Namun, isu terkat rekomendasi sudah santer di kalangan pengurus.

BACA JUGA:Diduga Bunuh Diri, Lansia Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Sungai Tajum

"Isunya begitu, tetapi untuk pastinya, kita masih menunggu surat fisik resmi dikirimkan dari DPP", kata Arief Dwi Kusuma, Rabu (7/8/2024).

Sementara itu, menurut Ketua DPD Partai Nasdem Banyumas, Edris Santoso, kabar tersebut memang benar. Menurut Edris, DPP Partai Nasdem telah resmi menyerahkan surat rekomendasi kepada pasangan Ma'ruf- Imanda. Bahkan, ia turut hadir dalam penyerahan surat rekomendasi tersebut.

"Partai Nasdem sudah merekomendasikan pasangan calon Ma'ruf Cahyono-Rachmat Imanda untuk Pilkada Banyumas 2024 dan surat rekomendasi sudah diberikan pada hari Senin siang lalu (5/8/2024), dan diterima langsung oleh keduanya", kata Edris.

Kategori :