31 Personel Paskibraka Digembleng 14 Hari di Alun-Alun

Selasa 06-08-2024,15:10 WIB
Reporter : Amarullah Nur Cahyo
Editor : Bayu Indra Kusuma

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Purbalingga memasuki latihan hari ke-6 pada Selasa, 5 Agustus 2024. Sebanyak 31 personel Paskibraka menjalani pelatihan intensif selama 14 hari di Alun-Alun Purbalingga.

Tim pelatih dari Kodim 0702/Purbalingga, Peltu Waluyo, menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh pelajar terpilih dari berbagai sekolah di Kabupaten Purbalingga yang telah melewati serangkaian seleksi ketat.

"Untuk Paskibraka Kabupaten Purbalingga ini telah terpilih 31 siswa-siswi SMA, SMK, dan MA se-Kabupaten Purbalingga yang merupakan putra-putri terbaik," kata Waluyo.

Latihan yang dimulai sejak 1 Agustus ini bertujuan untuk mempersiapkan para anggota Paskibraka dalam menjalankan tugas mulia mereka pada upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 pada 17 Agustus mendatang.

BACA JUGA:Calon Paskibraka dari 38 Provinsi Mulai Jalani Latihan di Cibubur

BACA JUGA:76 Pelajar di Cilacap Terpilih Jadi Calon Paskibraka

"Berbagai materi diberikan, mulai dari baris-berbaris, formasi pengibaran bendera, hingga penanaman nilai-nilai kebangsaan dan kedisiplinan," tambahnya.

Para peserta telah menjalani berbagai gemblengan fisik, termasuk penguatan otot kaki dan otot tangan. Diharapkan pada tanggal 17 Agustus, mereka dapat menjalankan tugas dengan baik dan sempurna tanpa hambatan.

"Latihan akan berlangsung hingga 14 Agustus, dengan gladi kotor dan gladi bersih dijadwalkan pada 15 Agustus," tambahnya lagi.

Setelah itu, para peserta akan mengikuti karantina untuk menerima materi khusus yang diberikan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) kepada calon anggota Paskibraka seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Mantap, Siswi SMA Asal Cilacap Jadi Paskibraka Nasional

BACA JUGA:Kepala dan Pejabat BPIP Melayat ke Rumah Duka Peserta Seleksi Paskibraka di Sukabumi

"Kabupaten Purbalingga juga mengirimkan satu pelajar terpilih sebagai perwakilan untuk menjadi petugas pengibar bendera di Provinsi Jawa Tengah. Jibril, siswa dari SMAN 1 Bobotsari, terpilih mewakili Kabupaten Purbalingga," ungkapnya.

Azkiya, siswi SMA Negeri 1 Purbalingga yang berada dalam formasi pasukan 8, mengungkapkan rasa syukurnya. "Perasaan saya sangat senang dan bangga karena bisa terpilih menjadi Paskibraka Kabupaten Purbalingga. Pesan saya untuk adik-adik yang ingin menjadi Paskibraka adalah tetap semangat, terus belajar, jangan menyerah, latihan fisik serta pelajari lagi wawasan kebangsaan," katanya.

Bintang, anggota Paskibraka lainnya dari MAN Purbalingga, juga mengungkapkan kebahagiaannya. Ia sudah mempersiapkan fisik, mental, dan pikiran yang jernih. (amr)

Kategori :