Coklit Selesai Ada 18.842 Pemilih Baru di Banyumas

Kamis 25-07-2024,09:47 WIB
Reporter : Dimas Prabowo
Editor : Ali Ibrahim

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih di Kabupaten Banyumas telah rampung, dengan hasil 100 persen data tercoklit dalam periode 24 Juni hingga 24 Juli 2024.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Yasum Surya Mentari, melalui rilisnya Rabu (24/7/2024) siang, mengatakan, keberhasilan ini berkat kerja sama antara petugas Panitia Pemutakhiran Daftar Pemilih (Pantarlih) dan koordinasi dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) serta Panitia Pemungutan Suara (PPS), juga dukungan dari masyarakat.

"Alhamdulillah, kegiatan coklit telah selesai. Kami ucapkan terima kasih kepada para petugas pantarlih dan masyarakat Banyumas. Kami berhasil mencapai 100 persen data tercoklit," ujar Yasum.

BACA JUGA:Kebakaran Pohon di Karanggedang, Diduga dari Sampah

Ia menambahkan, hasil coklit mencatat 1.415.842 pemilih, lebih banyak dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) yang diterima dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Banyumas yang berjumlah 1.397.100 orang.

“Jadi ada 18.842 pemilih baru. Namun, data ini bukanlah pemilih aktif, melainkan hasil coklit yang masih akan diolah dan ditetapkan dalam pleno PPS dan Daftar Pemilih Sementara (DPS), salah satu prosesnya adalah pengecekan data ganda,” jelas Yasum.

Kegiatan coklit di Kabupaten Banyumas melibatkan 5.195 petugas pantarlih, yang terdiri dari 1.758 laki-laki dan 3.437 perempuan. 

BACA JUGA:Mantan Kepala Puskesmas Kutasari Didakwa Pasal Berlapis

"Proses coklit harus memastikan tiga hal penting dalam penyusunan daftar pemilih pilkada, yakni valid dan akurat, mutakhir, serta akuntabel. Kami memastikan bahwa data pemilih yang dihasilkan mencakup seluruh warga negara yang memenuhi syarat sebagai pemilih dalam pilkada 2024," kata Yasum.

Yasum melanjutkan, setelah kegiatan coklit selesai, selanjutnya akan masuk tahap penyusunan data pemilih dilanjutkan dengan rapat pleno Data Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) oleh PPS.

"Lalu pleno DPHP di tingkat PPK, dan di tingkat kabupaten oleh KPU Banyumas. Nantinya data pemilih ini akan digunakan untuk Pilgub Jawa Tengah 2024 dan Pilkada Banyumas 2024 pada 27 November mendatang," ungkapnya.

BACA JUGA:Trans Banyumas akan Melayani Hingga Kota Lama Banyumas

Tahapan pleno DPHP akan dimulai pada tanggal 1-3 Agustus di tingkat desa, kemudian 5-7 Agustus di tingkat kecamatan atau PPK dan terkahir di tingkat kabupaten oleh KPU Banyumas pada 9-11 Agustus 2024.(dms)

Kategori :