Atasi Kekeringan di Rawaapu, 850 Saluran Baru Dibangun Tahun Ini

Rabu 24-07-2024,16:43 WIB
Reporter : Rayka Diah Setianingrum
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Desa Rawaapu Kecamatan Patimuan, selalu mengalami kekeringan setiap tahunnya. Di tahun 2024 ini, PDAM Tirta Wijaya Cilacap akan membangun 850 saluran baru di desa ini.

Pj Bupati Cilacap Awaluddin Murri mengatakan, pihaknya telah meminta kepada PDAM agar dapat membangun saluran wilayah daerah yang belum mendapatkan saluran air bersih. 

"Kami meminta agar tahun ini dipenuhi. Dan di tahun ini PDAM akan membuat sekitar 850 saluran baru di Desa Rawaapu. Semoga ini menjadi jawaban atas permasalahan air bersih," kata dia.

Pj Bupati mengatakan, Desa Rawaapu merupakan salah satu wilayah yang sangat terdampak kekeringan saat musim kemarau tiba. Bahkan sebagian besar airnya terasa asin lantaran terdampak pasang air laut.

BACA JUGA:Musim Kemarau Diprediksi Hingga Oktober, Kekeringan di Cilacap Meluas

BACA JUGA:Pengelolaan Perikanan di Kabupaten Cilacap akan Diatur dalam Perda

"Kami sudah berdiskusi dengan pihak terkait agar hal tersebut segera dikerjakan dan selesai tahun, 850 sambungan barunya, ini agar warga Desa Rawaapu tidak kesulitan lagi mengenai air bersih yang bisa berdampak pada banyak hal seperti kesehatan," katanya.

Selain air bersih, Pj Bupati juga telah menginventarisir kebutuhan infrastruktur lainnya, seperti pembangunan jalan di Desa Rawaapu. 

"Untuk pembangunan infrastruktur kita menggunakan skala prioritas, nanti semua kebutuhan akan kita catat dan akan terealisasi pada waktunya, karena mengingat keterbatasan anggaran jadi nanti akan terealisasi di waktu yang tepat," ujar Pj Bupati. (ray)

Kategori :