Penyebab Motor Matic Brebet serta Cara Mengatasinya

Senin 22-07-2024,14:31 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sepeda motor matic merupakan salah satu jenis kendaraan yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia karena praktis dan mudah dikendarai.

Motor matic juga bisa mengalami masalah yang mempengaruhi kenyamanan berkendara. Salah satunya adalah tersendat-sendat saat berakselerasi.

Sepeda motor matic brebet atau mogok adalah keadaan dimana sepeda motor matic tidak mampu melakukan akselerasi dengan baik pada saat pedal gas diinjak. 

Sepeda motor matic mungkin bergetar, mengeluarkan suara aneh, atau berhenti. Hal ini tentu sangat berbahaya, apalagi jika terjadi di jalan raya yang ramai.

Penyebab Serta Cara Untuk Mengatasi Sepeda Motor Matic yang Brebet

Lantas, apa penyebab sepeda motor matic yang brebet atau mogok, dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut penyebab dan cara yang bisa Anda ikuti untuk mengatasi motor matic yang brebet:

1. Bahan Bakar Salah

Penyebab paling sering terjadinya kegagalan sepeda motor matic adalah bahan bakar yang tidak memenuhi standar pabrikan.

BACA JUGA:Keren Banget! Fitur Canggih dalam Motor Matic XMAX Terbaru 2024

BACA JUGA:Ternyata Ini Loh! 7 Penyebab Kesuksesan Penjualan Motor Matic All New Honda BeAT

Banyak pengemudi lebih memilih bahan bakar yang lebih murah daripada bahan bakar berkualitas lebih tinggi.

Faktanya, kualitas bahan bakar yang buruk dapat menyebabkan mesin motor matic mengalami knocking. Ini adalah kondisi di mana bahan bakar terbakar sebelum waktunya sehingga menyebabkan bunyi klik dan getaran.

Pembakaran tidak sempurna juga dapat terjadi pada bahan bakar campuran karena perbedaan kualitas. Solusi dari permasalahan ini adalah dengan menggunakan bahan bakar yang memenuhi standar pabrikan motor matic.

Sepeda motor matic biasanya membutuhkan bahan bakar dengan nilai oktan 92 atau lebih tinggi, seperti Pertamax atau Pertamax Turbo.

BACA JUGA:Yuk Simak! Kelebihan Motor Matic Honda NSS250 2024 Kembaran Honda Forza 250

Kategori :