Koalisi Banyumas Maju Terbentuk, Beranggotakan Enam Partai

Rabu 10-07-2024,18:24 WIB
Reporter : Dimas Prabowo
Editor : Ali Ibrahim

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Enam Partai Politik di Banyumas membentuk Koalisi Banyumas Maju (KBM) di Pendopo Sanggar Seni Desa Dawuhan, Kecamatan Banyumas, Rabu sore (10/7/2024).

Dalam acara tersebut, dihadiri langsung oleh para pimpinan dari enam partai, Ketua DPC Gerindra Banyumas, Ir. Budiono. Ketua DPD Nasdem Banyumas, Edris Santoso. Ketua DPC PKB Banyumas, H. Ahmad Darisun. Ketua DPD Demokrat Banyumas, Iwan Supriyanto. Ketua DPD Golkar Banyumas, Arief Dwi Kusuma Wardhana. Dan Ketua DPD PSI Banyumas, Soni Barata.

Mereka bersama pengurus partai masing-masing menyempatan diri untuk berdoa dan tabur bunga di makam leluhur Prabowo Subianto, Margono Djojohadikoesoemo serta makam Bupati Pertama Banyumas, Raden Joko Kaiman, sebelum acara Deklarasi KBM.

BACA JUGA:Infrastruktur di Kecamatan Binangun Mulai Dibenahi

Dilanjutkan, para Pimpinan enam Parpol tersebut kembali berkumpul dan menandatangani Deklarasi Koalisi Banyumas Maju di Pendopo Sanggar Seni Desa Dawuhan, juru bicara KBM Bobi Listyo Wijatmoko menjelaskan deklarasi ini digelar di sekitar komplek makam leluhur Prabowo Subianto dan makam Joko Kaiman, Desa Dawuhan mempunyai maksud tersendiri.

"Kami sengaja memilih sanggar seni budaya di Desa Dawuhan. Karena di sini katanya filosofinya dengan kita kumpul di sini adalah awal Banyumas terbangun lahirnya eyang Joko Kaiman (Bupati Banyumas pertama). Mudah-mudahan karakter kebudayaan adiluhung termasuk blakasuta dan panginyongan bisa kita resapi," kata Bobi dalam sambutannya.

Adapun mereka melakukan ziarah ke makam keluarga Prabowo dan makam Joko Kaiman juga mempunyai tujuan tertentu. Harapan kita dengan dibentuknya Koalisi di lokasi ini, KBM bisa memenangkan kontestasi Politik dalam Pilkada Banyumas.

BACA JUGA:Dua WBP Lapas Terbuka Dipindahkan Ke Lapas Nirbaya Nusakambangan, Ini Penyebabnya

"Setelah itu tadi kita sempat juga ziarah di makam Margono Djojohadikusumo yang menjadi leluhur dari Presiden ke-8 Indonesia Bapak Prabowo Subianto. Lalu selanjutnya ziarah ke makam Bapak Joko Kaiman. Kita berharap pilpres kemarin Bapak Prabowo menang, mudah-mudahan kita juga besok (Pilbup) juga menang," terangnya.

Sementara dikesempatan yang sama, Ketua DPC PKB Banyumas, Ahmad Darisun menambahkan, terbentuknya KBM ini untuk mengusung bakal calon bupati dan wakil bupati Banyumas nantinya.

"Kami sebagai ketua partai melaksanakan amanat dari partai. Hari ini memang belum ke arah bacabup dan bacawabup. Dengan komunikasi ini, harapannya dari KBM ini kita bersepakat untuk mengusung salah satu calon untuk Banyumas," ujarnya.

BACA JUGA:Akibat Bermain Korek Api, Rumah di Nusawungu Terbakar

Pihaknya belum mau memberi bocoran siapa calon yang nantinya akan diusung oleh KBM ini. Namun beberapa nama seperti Saefudin, Rahmat Imanda, Ma'arif Cahyono maupun Dodit Ari Wibowo sudah mendaftar ke PKB maupun Gerindra.

"Sementara belum ada. Kalau PKB sudah ada yang mendaftar beberapa. Penentunya nanti yang di atas, kita hanya memfasilitasi teman-teman yang nyalon di partai saya, ada di Gerindra juga mungkin. Jadi prosesnya kita membuka pendaftaran, lalu diusulkan ke atas," ungkapnya.

Sementara menurut Ketua DPC Gerindra, Ir Budiono mengungkapkan, dengan dibentuknya koalisi ini sebagai kesepakatan bersama untuk kontestasi Politik dalam Pilkada Banyumas 2024. Meskipun demikian, ia menyebut KBM tetap membuka ruang bagi partai lain untuk ikut bergabung, termasuk diantaranya PKS dan PDIP.

Kategori :