10 Tips Mengecek Motor Murah Bekas Sebelum Membeli

Jumat 12-07-2024,04:31 WIB
Reporter : Verdi Pangestu
Editor : Laily Media Yuliana

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Membeli motor bekas bisa menjadi pilihan yang cerdas untuk mendapatkan kendaraan dengan harga yang lebih terjangkau.

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli, penting untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh agar tidak mendapatkan motor yang bermasalah.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengecek motor bekas murah sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

1. Cek Kondisi Fisik Motor

Hal pertama yang perlu diperiksa adalah kondisi fisik motor. Perhatikan tampilan luar motor dengan cermat. Periksa apakah ada goresan, penyok, atau tanda-tanda kerusakan pada bodi motor.

BACA JUGA:Yuk Simak! 7 Alasan Memilih Motor Matic Suzuki Burgman Street 125EX

BACA JUGA:Yuk Cari Tau! 7 Alasan Memilih Motor Matic Callisto 110, Berdesain Futuristis dan Sporty

 

Selain itu, periksa juga bagian-bagian seperti stang, jok, dan spakbor. Pastikan semua komponen tersebut dalam kondisi baik dan tidak ada yang retak atau rusak.

Jangan lupa untuk mengecek juga kondisi cat motor. Cat yang kusam atau berbeda warna bisa menjadi tanda bahwa motor pernah mengalami kecelakaan atau diperbaiki.

2. Periksa Mesin Motor

Mesin adalah bagian paling penting dari sebuah motor. Untuk itu, pastikan Anda memeriksa kondisi mesin dengan teliti. Mulailah dengan melihat apakah ada kebocoran oli di sekitar mesin.

BACA JUGA:Waspadai! 7 Akibat Motor Matic Jarang Servis Mesin

BACA JUGA:Coba Touring dengan Motor Listrik Energica Eva EsseEsse9, Speknya Juara!

 

Mesin yang bocor oli bisa menjadi indikasi adanya masalah serius. Selanjutnya, periksa suara mesin saat dinyalakan.

Mesin yang baik seharusnya memiliki suara yang halus dan tidak berisik. Dengarkan juga apakah ada suara ketukan atau bunyi aneh lainnya yang bisa menunjukkan masalah pada mesin.

3. Cek Kilometer

Kilometer atau jarak tempuh motor juga perlu diperhatikan.

BACA JUGA:Sensasi Ngebut dengan Motor Listrik Energica Eva Ribelle, Kecepatan hingga 200 Km/Jam!

BACA JUGA:Diklaim Tercepat di Dunia! Bagaimana Spesifikasi Motor Listrik Voxan Wattman

 

Motor dengan jarak tempuh yang tinggi biasanya mengalami lebih banyak keausan dibandingkan motor dengan jarak tempuh rendah. Namun, perlu diingat bahwa odometer bisa saja dimanipulasi.

Oleh karena itu, periksa juga kondisi umum motor untuk memastikan bahwa jarak tempuh yang tercatat sesuai dengan kondisi motor.

Misalnya, motor dengan jarak tempuh rendah tetapi kondisi komponen sudah banyak yang aus bisa menjadi tanda bahwa odometer telah dimanipulasi.

4. Periksa Kelistrikan

Sistem kelistrikan motor juga harus diperiksa. Pastikan lampu depan, belakang, rem, dan sein berfungsi dengan baik. Selain itu, periksa juga klakson dan indikator pada panel instrumen.

BACA JUGA:Cek Harga dan Performa Motor Listrik Lightning Strike, Apakah Setara dengan Kecepatannya?

BACA JUGA:Bawa Senjata Tajam, Pemuda Diduga Anggota Geng Motor Ditangkap di Kelurahan Wirasana

 

Kelistrikan yang bermasalah bisa menyebabkan berbagai masalah saat berkendara dan membutuhkan biaya perbaikan yang tidak sedikit.

5. Uji Coba Motor

Sebelum membeli, sangat penting untuk melakukan uji coba motor. Dengan mengendarai motor, Anda bisa merasakan langsung bagaimana performa dan kenyamanan motor tersebut.

Perhatikan respon mesin saat akselerasi, rem, dan kopling (jika motor manual). Pastikan motor bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada getaran atau bunyi-bunyi aneh saat dikendarai.

BACA JUGA:Digitalisasi Menjadi Peluang Emas bagi Pengusaha Ultra Mikro

BACA JUGA:7 Kelebihan Motor Listrik Kool EV Arjuna, Performanya Memuaskan

 

Uji coba juga memberikan kesempatan untuk merasakan handling motor, apakah terasa stabil dan mudah dikendalikan.

6. Cek Dokumen

Memastikan kelengkapan dokumen motor sangat penting untuk menghindari masalah di kemudian hari. Periksa STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor).

Pastikan nomor rangka dan nomor mesin yang tertera pada dokumen sesuai dengan yang ada di motor. Selain itu, pastikan juga bahwa pajak kendaraan dalam kondisi aktif dan tidak ada tunggakan.

7. Periksa Riwayat Servis

Mengetahui riwayat servis motor bisa memberikan gambaran tentang bagaimana motor tersebut dirawat oleh pemilik sebelumnya.

BACA JUGA:Wajib Tau! 7 Tips Jitu Membeli Motor Matic NMAX Bekas

BACA JUGA:6 Tips Membeli Motor Listrik Bekas dengan Harga Murah

Motor yang dirawat dengan baik biasanya memiliki riwayat servis yang teratur. Mintalah buku servis atau catatan servis dari pemilik motor.

Jika motor sering diservis di bengkel resmi, itu bisa menjadi nilai tambah karena biasanya bengkel resmi memiliki standar perawatan yang lebih baik.

8. Pertimbangkan Harga

Harga adalah faktor penting dalam membeli motor bekas. Bandingkan harga motor yang Anda incar dengan harga pasaran motor sejenis.

BACA JUGA:6 Kekurangan yang Penting Diketahui Sebelum Membeli Motor Listrik Bekas Murah, Yuk Simak!

BACA JUGA:Lebih Baik Membeli Motor Listrik Bekas atau Baru?

Jika harga terlalu murah, berhati-hatilah karena bisa jadi ada masalah yang disembunyikan.

Sebaliknya, jika harga terlalu mahal, Anda bisa mencoba menawar atau mencari pilihan lain yang lebih sesuai dengan anggaran Anda.

9. Bawa Mekanik

Jika Anda tidak terlalu paham tentang motor, ada baiknya membawa mekanik atau teman yang mengerti tentang motor saat melakukan pengecekan.

BACA JUGA:Sangat Ramah Di Kantong! 5 Pilihan Motor Matic Bekas Dibawah Rp10 Juta

BACA JUGA:10 Alasan Motor Listrik Bekas Belum Laku di Pasaran

Mekanik bisa membantu Anda mengidentifikasi masalah yang mungkin tidak Anda sadari dan memberikan penilaian yang lebih objektif tentang kondisi motor.

10. Periksa Legalitas

Pastikan motor yang akan Anda beli tidak bermasalah secara hukum.

Anda bisa memeriksa status kendaraan melalui situs resmi kepolisian atau meminta bantuan pihak berwenang untuk memastikan bahwa motor tersebut bukan hasil tindak kejahatan atau tidak sedang dalam masalah hukum.

Membeli motor bekas bisa menjadi alternatif yang ekonomis, namun membutuhkan kehati-hatian dan ketelitian dalam pengecekan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda bisa meminimalisir risiko mendapatkan motor bekas yang bermasalah dan memastikan bahwa motor yang Anda beli memiliki kondisi yang baik serta layak untuk digunakan.

Ingatlah bahwa sedikit usaha ekstra dalam pengecekan bisa menghindarkan Anda dari masalah dan biaya tambahan di masa depan. (vip)

Kategori :