5 Bahan Penghilang Karat pada Velg Motor Matic

Senin 08-07-2024,09:51 WIB
Reporter : Ikhwan Adriansyah
Editor : Bayu Indra Kusuma

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Velg merupakan bagian vital pada sepeda motor yang berpengaruh langsung terhadap kenyamanan saat berkendara. Sayangnya, seringkali pemilik sepeda motor mengabaikan perawatan velg mereka. 

Penting untuk rutin membersihkan velg, terutama setelah terkena air hujan atau saat melewati genangan air. Membersihkan velg secara teratur dapat mencegah penumpukan kotoran dan debu yang bisa menyebabkan karat.

Penggunaan bahan penghilang karat secara berkala sangat disarankan untuk menjaga velg tetap bersih dan bebas dari karat. Pilihlah produk yang sesuai dengan jenis velg yang Anda miliki, apakah itu Casting Wheel atau Spoke Wheel.

Selalu lakukan inspeksi rutin pada velg untuk memastikan tidak ada tanda-tanda karat yang mulai muncul. Jika ditemukan tanda-tanda karat, segera bersihkan dan aplikasikan bahan penghilang karat untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Dengan memperhatikan tips di atas, Anda dapat memastikan bahwa velg motor matic Anda tetap dalam kondisi optimal, sehingga mendukung kegiatan berkendara dengan aman dan nyaman.

Bahan Penghilang Karat pada Velg Motor Matic

1. Minyak Tanah dan Abu Gosok

Minyak tanah dan abu gosok telah lama dikenal sebagai solusi efektif untuk menghilangkan karat pada benda-benda dari besi atau logam. Abu gosok, yang merupakan limbah dari hasil pembakaran kayu, berupa serbuk kasar dengan warna campuran putih, hitam, dan abu-abu.

BACA JUGA:Hal-Hal yang Disukai dari Motor Matic Suzuki Address

BACA JUGA:Hal-Hal yang Tidak Disukai dari Motor Matic Suzuki Address

Ambil abu gosok secara sedikit demi sedikit dan letakkan pada selembar kain. Tambahkan minyak tanah secukupnya ke atas abu gosok agar tidak terlalu encer sehingga sempurna untuk membersihkan noda karat.

Gunakan kain yang sudah diberi campuran abu gosok dan minyak tanah untuk menggosok bagian velg yang terkena karat. Gosok secara perlahan-lahan hingga karat terangkat dan velg menjadi bersih.

Setelah menggunakan campuran abu gosok dan minyak tanah, bersihkan velg motor dengan mencucinya menggunakan air bersih. Pastikan tidak ada sisa-sisa campuran yang tertinggal pada velg.

Minyak tanah dan abu gosok merupakan alternatif yang efektif untuk membersihkan karat pada velg motor matic Anda. Namun, pastikan untuk menggunakan dengan hati-hati dan cermat agar tidak merusak lapisan atau finishing pada velg. 

Kategori :