Perbedaan Mesin Motor Matic dan Mesin Motor Manual yang Harus Dipahami

Rabu 26-06-2024,19:21 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

Artinya, mesin itu sendiri dan girboksnya sendiri dipisahkan. Kopling kering tidak direndam dengan pelumas mesin. Perbedaan inilah yang menyebabkan oli pada motor matic tidak bisa digunakan pada motor manual.

BACA JUGA:Ngabers Wajib Tau! 7 Kelebihan Downsize Sok Depan Motor Matic Yamaha Aerox, Berkendara Gesit dan Sporty

BACA JUGA:Menakjubkan! Teknologi Canggih pada Motor Matic Freego 125, Kunci Kenyamanan dan Keamanan Berkendara

Sebaliknya, hal ini karena setiap oli dibuat khusus untuk penggunaan sepeda motor tertentu. Pada sepeda motor konvensional, oli mesin juga merupakan oli transmisi. Namun berbeda halnya dengan sepeda motor matic.

Karena kotak roda gigi tidak berada di ruang mesin, maka dibutuhkan oli terpisah. Minyak ini disebut minyak hortikultura. Untuk sepeda motor manual, satu oli bisa digunakan untuk tiga keperluan.

Tapi kalau sepeda motor anda bertransmisi otomatis, itu hanya mesinnya saja. Oleh karena itu, perlu menggunakan oli yang dirancang khusus untuk sepeda motor matic.

Pada bagian ini dijelaskan perbedaan mesin sepeda motor matic dan mesin sepeda motor manual. Setiap mesin sepeda motor digunakan pada mesin sepeda motor yang berbeda-beda.

Tentunya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan itu semua tergantung pada preferensi masing-masing pengemudi.

Namun tidak ada salahnya mengetahui semua komponen yang ada pada mesin sepeda motor. (fah)

Kategori :