Mengenal Tire Liner: Fungsi Serta Cara Memasangnya Pada Ban Motor Matic

Sabtu 22-06-2024,20:10 WIB
Reporter : Dhani Dwi
Editor : Susi Dwi Apriani

2. Meningkatkan Keamanan Berkendara

Dengan mengurangi risiko kebocoran ban, tire liner membantu meningkatkan keselamatan pengendara. Kebocoran ban yang tiba-tiba bisa sangat berbahaya dan menyebabkan kecelakaan, terutama saat berkendara dengan kecepatan tinggi.

3. Memperpanjang Umur Ban

Tire liner membantu melindungi ban dari kerusakan akibat tusukan benda tajam, sehingga memperpanjang umur pakai ban. Ini berarti kalian tidak perlu sering mengganti ban, yang bisa menjadi penghematan biaya dalam jangka panjang.

4. Menghemat Biaya Perbaikan

Dengan mengurangi frekuensi kebocoran ban, tire liner membantu menghemat biaya perbaikan dan penggantian ban. Kalian tidak perlu sering-sering ke bengkel untuk memperbaiki kebocoran kecil yang disebabkan oleh benda tajam.

5. Memberikan Perlindungan Tambahan

Selain melindungi dari benda tajam, tire liner juga memberikan perlindungan tambahan terhadap abrasi dan keausan, yang bisa terjadi akibat kondisi jalan yang buruk.

BACA JUGA: Teknik Berkendara Motor Matic di Jalanan Menanjak yang Aman

BACA JUGA:6 Hal Perkembangan Motor Matic Terbaru 2024

Cara Kerja Tire Liner

Tire liner dipasang di dalam ban, antara ban luar dan ban dalam atau langsung di dalam ban tubeless. 

Ketika ada benda tajam yang mencoba menembus ban, liner ini berfungsi sebagai penghalang yang mencegah benda tersebut mencapai lapisan dalam ban.

Karena dibuat dari bahan yang sangat tahan terhadap tusukan, tire liner mampu menahan dan mendistribusikan tekanan dari benda tajam, sehingga mencegah kebocoran.

Cara Pemasangan Tire Liner

- Lepaskan Ban

Kategori :