Perhatikan! 5 Komponen yang Harus Dihindari Saat Cuci Steam Motor Listrik

Jumat 21-06-2024,04:50 WIB
Reporter : Oktaliana Listia
Editor : Susi Dwi Apriani

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Seperti kendaraan bermotor lainnya, motor listrik memerlukan perawatan rutin untuk menjaga kinerjanya tetap optimal. Salah satu aspek perawatan yang penting adalah mencuci motor.

Meskipun mencuci motor listrik terlihat sederhana, ada beberapa komponen yang harus dihindari saat menggunakan cuci steam. 

Komponen yang Harus Dihindari Saat Cuci Steam Motor Listrik

Berikut adalah beberapa komponen yang harus dihindari saat cuci stem motor listrik : 

1. Baterai dan Komponen Elektronik

Baterai adalah jantung dari motor listrik. Mengingat baterai menyimpan energi listrik dalam jumlah besar, sangat penting untuk menjaga agar tidak terkena air.

Air dapat menyebabkan korsleting, yang tidak hanya merusak baterai tetapi juga berpotensi menyebabkan kebakaran. Selain itu, komponen elektronik lainnya seperti kontroler, inverter, dan modul pengisian daya juga sangat sensitif terhadap air.

Semprotan bertekanan tinggi dari cuci steam dapat dengan mudah menembus penutup pelindung dan menyebabkan kerusakan internal.

Oleh karena itu, saat mencuci motor listrik, pastikan untuk menghindari area yang memiliki komponen elektronik atau menutupi bagian tersebut dengan plastik atau pelindung lainnya.

BACA JUGA:Perlu Tahu! 4 Penyebab Kerusakan Bearing pada Motor Listrik BLDC

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Bearing Dinamo atau Motor Listrik BLDC yang Rusak

2. Soket dan Konektor

Konektor yang basah dapat menyebabkan korsleting dan kerusakan pada sistem kelistrikan motor.

Selain itu, kelembapan yang masuk ke dalam konektor bisa menyebabkan korosi, yang pada akhirnya akan merusak koneksi listrik dan menurunkan performa motor.

Kategori :