Hal-Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mengendarai Motor Matic

Senin 10-06-2024,10:51 WIB
Reporter : Ikhwan Adriansyah
Editor : Bayu Indra Kusuma

BACA JUGA:6 Tips Ngerem yang Benar Agar Motor Matic Aman Melewati Jalan Turunan

Pengereman merupakan aspek yang sangat penting dalam berkendara, terutama untuk pengendara motor matic. Sebagai contoh, Honda telah mengembangkan teknologi seperti ABS (Anti-lock Braking System) dan CBS (Combi Brake System) pada beberapa model motor matic, seperti Vario. 

Pengereman dengan satu tangan adalah tindakan yang sangat berisiko. Hal ini dapat membuat pengendara kehilangan kontrol atas kendaraan dan meningkatkan risiko terjatuh. Resiko ini lebih besar terutama saat melakukan pengereman mendadak atau pada kecepatan tinggi.

Teknologi CBS hadir sebagai solusi untuk mengatasi masalah ini. Dengan CBS, rem depan dan rem belakang bekerja secara bersamaan ketika pengendara menggunakan satu rem saja. Hal ini memungkinkan pengereman yang lebih efektif.

Melakukan pengereman dengan satu tangan adalah perilaku yang sangat berbahaya saat mengendarai motor matic. Teknologi seperti CBS pada motor matic modern telah dirancang untuk membantu mengatasi masalah ini dan meningkatkan keselamatan berkendara. 

Oleh karena itu, sangat penting bagi pengendara motor matic untuk memahami pentingnya menggunakan kedua tangan saat melakukan pengereman dan memanfaatkan teknologi yang tersedia untuk meningkatkan keselamatan selama berkendara. (wan)

Kategori :