3 Hal yang Menyebabkan Motor Matic Tidak Kuat Nanjak

Jumat 07-06-2024,13:31 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

Jika komponen kotor maka pembakaran tidak akan optimal dan hal tersebut akan menurunkan kinerja.

3. Periksa Jarum Skep

Bagian jarum skep ini penting. Sebab jika komponen ini tidak diatur dengan benar maka akan berdampak langsung pada performa kendaraan sepeda motor matic anda.

BACA JUGA:3 Komponen Penting pada Motor Matic yang Wajib Pengendara Perhatikan

BACA JUGA:3 Ciri-Ciri V-belt Motor Matic Harus Diganti

 

Ada berbagai tips dan trik untuk menjaga tenaga sepeda motor matic saat harus melewati jalan yang menanjak, misalnya saat melewati bukit di daerah pegunungan.

Jika Anda menemukan jalan setapak yang menanjak ke atas, Anda harus sudah persiapan dari bawah.

Meningkatkan kecepatan sepeda motor matic bila masih aman untuk dilakukan. Tujuannya memanfaatkan momentum dari bawah agar tidak terlalu memberikan tekanan pada sepeda motor matic saat melaju menanjak.

Jika sepeda motor matic anda tiba-tiba menarik dengan kuat padahal belum selesai menanjak, jangan membuka tuas gas terlalu tajam dan tiba-tiba. Hal ini dapat menyebabkan suhu kampas ganda menjadi terlalu tinggi.

Soalnya, membuka pedal akselerator terlalu banyak hanya akan menambah putaran mesin sepeda motor matic, tetapi tidak menambah kecepatan sepeda motor. Jika dibiarkan, kampas ganda bisa menjadi terlalu panas. 

Padahal, jika kampas gandanya mengalami overheating, efek tarikannya akan berkurang.

Untuk menghindari panas berlebih pada mesin sepeda motor matic, buka throttle secara perlahan hingga sepeda motor matic dapat mendaki tanjakan. 

Jika ada tanda-tanda bahwa bantalan ganda overheating karena panas berlebih, yang terbaik adalah menghentikan sepeda motor matic terlebih dahulu, dan membiarkan bantalan ganda menjadi dingin dan beristirahat sebelum memulainya kembali.

Itulah beberapa penyebab sepeda motor matic Anda tidak kuat melewati tanjakan dan tips agar sepeda motor matic kuat melewati tanjakan. (fah)

Kategori :