Penjelasan Mengenai Kiprok Motor Matic yang Penting untuk Dipahami

Selasa 28-05-2024,05:49 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pernahkah ada yang bertanya-tanya apa itu Kiprok? Namanya mungkin terdengar asing bagi Anda.

Kiprok merupakan salah satu komponen terpenting dalam sistem pengisian sepeda motor terutama sepeda motor matic. Tanpa perangkat kecil ini, sepeda motor matic Anda mungkin tidak dapat berjalan dengan lancar. 

Kiprok merupakan jembatan antara alternator yang menghasilkan energi dan aki sepeda motor matic yang menyimpan dan mendistribusikan energi tersebut.

Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai apa itu Kiprok, apa fungsinya, dan cara merawat sepeda motor matic Anda agar tetap berfungsi dengan baik.

Apa itu Kiprok?

Kiprok adalah bagian dari sistem pengisian sepeda motor matic. Kiprok disebut juga sebagai regulator atau penyearah, mengubah arus bolak-balik (alternating current), yang dihasilkan alternator menjadi arus searah (direct current), dapat digunakan oleh komponen elektronik pada mesin.

BACA JUGA:5 Motor Matic Bermesin Besar dengan Performa Tinggi untuk Kenyamanan Berkendara

BACA JUGA:Masih Banyak Diminati, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic Honda BeAT Karbu

Sistem pengisian sepeda motor matic biasanya terdiri dari tiga komponen Utama, yaitu alternator, Kiprok (regulator/penyearah), dan baterai. Saat mesin sepeda motor matic hidup, generator menghasilkan arus bolak-balik.

Kiprok mengubah arus bolak-balik menjadi arus searah. Arus searah lebih aman dan dapat digunakan pada bagian-bagian mesin.

Arus searah ini digunakan untuk mengisi baterai dan memberi daya pada komponen elektronik lainnya seperti lampu, klakson, dan sistem pengapian.

Oleh karena itu, kerusakan mesin sepeda motor dapat menimbulkan berbagai permasalahan, antara lain, jika baterai tidak terisi penuh, lampu akan redup atau komponen elektronik lainnya tidak berfungsi dengan baik.

Cara merawat Kiprok agar awet

Meski hiruk pikuk piston dan roda gigi, Kiprok Anda bekerja terus menerus, mengubah arus bolak-balik yang dihasilkan alternator menjadi arus searah untuk memperpanjang umurnya.

BACA JUGA:Lebih Mudah Mengendarai Motor Matic atau Motor Manual ? Ini Perbandingannya

Kategori :