Perhatikan! Inilah Perbedaan Drive Pulley dan Mur Pulley Motor Listrik

Kamis 16-05-2024,21:49 WIB
Reporter : Indah Citra
Editor : Bayu Indra Kusuma

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pulley merupakan salah satu komponen penting terdapat dalam sistem mekanis motor listrik yang digunakan untuk mentransmisikan daya dari satu poros ke poros lainnya. 

Dalam kendaraan motor listrik, terdapat dua jenis pulley yang berperan penting dalam menjalankan mesin, yaitu drive pulley dan mur pulley. 

Keduanya pun memiliki peran dan fungsi yang memiliki perannya masing-masing dalam operasional menjalankan mesin kendaraan motor listrik. 

Dan berikut merupakan perbedaan antara drive pulley dan mur pulley yang terdapat pada kendaraan motor listrik:

BACA JUGA:3 Rekomendasi Motor Listrik Elvindo, Intip Harga dan Spesifikasinya di Sini

BACA JUGA:Dimana Letak Dinamo Motor Listrik? Pengguna Wajib Tahu!

Drive Pulley

Definisi dan Fungsi

Drive pulley adalah komponen yang terpasang pada poros motor listrik yang berfungsi untuk mentransfer tenaga mekanis dari motor ke sistem yang digerakkan, seperti belt atau rantai. 

Pulley ini adalah penggerak utama yang memulai proses transmisi tenaga. Dalam sistem belt drive, drive pulley menarik atau menggerakkan belt yang kemudian menggerakkan komponen lain dalam mesin, seperti roda atau peralatan produksi.

BACA JUGA:Apa Fungsi Gearbox pada Motor Listrik? Penting atau Tidak?

BACA JUGA:Perhatikan! 5 Penyebab Charger Motor Listrik Cepat Rusak

Jenis dan Material

Drive pulley umumnya terbuat dari material yang kuat seperti baja, aluminium, atau paduan logam lainnya untuk memastikan daya tahan dan kemampuan menahan beban tinggi. Terdapat beberapa jenis drive pulley berdasarkan desain dan aplikasinya:

Kategori :