Harga Telur Ayam Ras di Cilacap Mulai Meroket

Selasa 14-05-2024,16:57 WIB
Reporter : Rayka Diah Setianingrum
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Harga telur ayam ras di wilayah Kabupaten Cilacap saat ini masih tinggi. Tingginya harga telur terjadi sejak awal Mei 2024. Saat ini, harga telur di pasaran Rp 28.500 per kilogram. 

Yanto, peternak ayam di Kecamatan Nusawungu mengungkapkan, tingginya harga telur dipicu oleh permintaan pasar yang tinggi, namun stok berkurang. 

Meski demikian, kondisi tersebut membuat para peternak cukup senang. Hal ini diakuinya lantaran harga pakan ternak yang saat ini mengalami penurunan.

"Harga pakan saat ini turun, Rp 5 ribu per kilogram. Jadi kita bisa untung dibandingkan beberapa pekan lalu. Harga pakan agak murah jadi mengurangi beban," kata dia.

BACA JUGA:PDI Perjuangan Kabupaten Cilacap Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Untuk Pilkada 2024

BACA JUGA:Selesai Dibangun, Tugu Selamat Datang di Desa Jetis Jadi Ikon Baru

Yanto mengungkapkan, saat ini stok dari luar daerah berkurang sehingga peternak di wilayahnya dapat menikmati keuntungan dari kenaikan harga telur saat ini.

Sementara itu pedagang telur di Kroya, Karto mengatakan, pada pekan lalu, harga telur ayam sempat Rp 29 ribu per kilogram. Namun demikian, kenaikan harga telur masih lebih rendah dibandingkan saat Ramadan yakni Rp 30 ribu - Rp 32 ribu per kilogram.

"Saat ini lagi banyak yang beli telur, stok di pasaran cepat habis. Mereka tetap membeli meski harga telur tinggi," ujarnya. (ray)

Kategori :