WAJIB DIPATUHI ! Inilah Tips Berkendara Motor Listrik yang Aman

Minggu 31-03-2024,13:19 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

BACA JUGA:Bingung Charger Motor Listrik? Begini Cara Mengisi Baterai Motor Listrik yang Benar

3. Tindakan Pencegahan Umum

- Keselamatan pengguna adalah hal yang paling penting. Ikuti peraturan yang berlaku. Harap pahami tindakan pencegahan umum berikut untuk meningkatkan faktor keamanan Anda.

- Operator sepeda motor listrik wajib membawa SIM (Surat Izin Mengemudi) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) sebelum memulai perjalanan. Jika Anda tidak memiliki kartu SIM-C, Anda dilarang mengemudikan kendaraan.

- Tidak diizinkan penyewaan motor listrik kepada orang yang tidak memiliki kartu SIM atau tidak paham dengan performa motor listrik.

– Anda dan penumpang Anda wajib mengenakan helm sepeda motor SNI dan alat pelindung diri lainnya (jaket, sepatu, celana, sarung tangan, dll) yang memenuhi standar keselamatan.

- Periksa dengan cermat apakah elemen keselamatan kendaraan berfungsi dengan baik, seperti lampu, rem, indikator, dll.

- Harap pastikan bahwa Anda sehat secara fisik, bugar, fokus mental, dan tidak di bawah pengaruh alkohol atau obat-obatan terlarang.

– Melakukan perawatan kendaraan dan memastikan kendaraan dalam kondisi pengoperasian prima.

– Tidak diperbolehkan memodifikasi sepeda motor listrik secara ilegal atau menggunakan baterai atau pengisi daya di bawah standar.

- Berhati-hatilah saat memuat, perhatikan total muatan dan volume serta pastikan tidak mempengaruhi performa atau pengendalian sepeda motor.

– Jika Anda melihat gejala seperti kekurangan daya, baterai cepat habis, atau komponen tidak berfungsi dengan baik, segera hubungi fasilitas perbaikan untuk perbaikan.

Petunjuk keselamatan penting terdapat pada stiker motor listrik. Simbol ini muncul pada motor listrik untuk memperingatkan Anda bahwa mungkin terjadi kebocoran tegangan tinggi di lokasi tersebut, yang dapat mengakibatkan sengatan listrik, luka bakar, atau cedera.

Pastikan area ini tidak basah. Perawatan komponen tegangan tinggi motor listrik ini hanya boleh dilakukan oleh teknisi yang terlatih khusus. Kabel tegangan tinggi memiliki penutup dengan warna tertentu.

Jangan menyentuh, memodifikasi, atau memotong kabel tegangan tinggi. Dan perjatikan selalu tips berkendara motor listrik yang aman. (fah)

Kategori :