Jelang Bulan Ramadan, Tradisi Bersih Sumber Kembali Digelar

Jelang Bulan Ramadan, Tradisi Bersih Sumber Kembali Digelar

BERI AIR : Kuncen memberikan air dari sendang Sinasaban, Owabong Bojongsari, Purbalingga, kepada putri pembawa air, untuk kemudian diarak dan dibagikan ke masyarakat (19/3/2023).-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Tradisi bersih sumber air menjelang Bulan Ramadan atau puasa, dilaksanakan di Desa Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten PURBALINGGA, Minggu, 19 Maret 2023. Tradisi ini merupakan pensucian menghadapi bulan puasa.

Tradisi bersih sumber diawali dengan kirab gunungan dari Lapangan Desa Bojongsari ke kompleks Owabong Waterpark. Selanjutnya, dilakukan pengambilan air dari sumber mata air atau dikenal dengan istilah tuk di Owabong Waterpark. 

Air diambil dari Tuk Cikupel, yang berada di sebelah pintu keluar Owabong Waterpark. Selanjutnya, air ditaruh di wadah yang sudah disediakan. Setelah didoakan kemudian air dibagikan kepada warga yang datang di acara tersebut.

Sebelumnya, dilakukan rebutan tiga gunungan yang sebelumnya diarak warga. Bahkan, gunungan sudah menjadi rebutan warga, sebelum proses doa yang dipimpin oleh tokoh agama selesai dilaksanakan.

Warga yang sudah tidak sabar untuk merebut gunungan yang terdiri dari hasil bumi tersebut, langsung menyerbu. Dalam sekejap mata hasil bumi yang ada di gunungan langsung habis diambil warga.

Tak hanya itu, sejumlah orang juga melakukan tradisi padusan di tempuran atau pertemuan air dari sejumlah sumber mata air yang berada di kompleks Owabon Waterpark.

Plt Dirut Owabong Drs Eko Susilo menjelaskan, tradisi, Bersih Sumber ini, merupakan tradisi rutin yang dilakukan setiap tahun menjelang Bulan Ramadan. Tradisi Bersih Sumber ini, mengandung makna pensucian. Dimana tidak hanya sesorang yang perlu membersihkan diri melainkan juga tempat. 

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga Ir Prayitno mengungkapkan, pihaknya berharap tradisi bersih sumber ini, bias menjadi daya tarik wisatawan. Sehingga, bisa mendongkrak kunjungan wisata di Kabupaten Purbalingga. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: