Banner v.2
Banner v.1

Kawasaki KLX 150 SM, Motor yang Lebih Nyaman Digunakan di Jalanan Kota daripada di Jalur Off-road

Kawasaki KLX 150 SM, Motor yang Lebih Nyaman Digunakan di Jalanan Kota daripada di Jalur Off-road

Tampilan Kawasaki KLX 150 SM sporty, apalagi jika memilih varian SE dengan aksesoris tambahan seperti hand guard, fatbar, dan skid plate--

RADARBANYUMAS.CO.ID - Kawasaki dikenal sebagai salah satu produsen motor yang serius menggarap segmen off-road. Namun, ada satu model yang cukup unik, yakni Kawasaki KLX 150 SM. Varian ini hadir dengan gaya supermoto, sehingga lebih condong digunakan di jalan aspal ketimbang jalur tanah.

KLX 150 SM masih membawa DNA trail dengan mesin 144 cc 4-tak satu silinder berpendingin udara. Mesin ini diklaim responsif dengan putaran menengah hingga tinggi, membuatnya lincah saat dipakai selap-selip di perkotaan. Bobotnya yang hanya sekitar 119 kg juga menjadikannya ramah dikendalikan, bahkan untuk rider pemula.

Suspensi dan Rangka

Kawasaki KLX 150 SM menggunakan rangka baja perimeter yang ringan namun rigid, mendukung stabilitas saat bermanuver. Di bagian depan terpasang suspensi upside down 35 mm dengan travel 175 mm, sementara belakangnya pakai Uni Trak dengan monoshock. Kombinasi ini membuat motor tetap nyaman melewati jalanan bergelombang di kota.

Di jalur off-road, suspensi panjangnya sebenarnya masih bisa diandalkan. Hanya saja ban 17 inci dengan profil aspal membuat grip kurang maksimal di tanah atau lumpur. Inilah yang membuat KLX 150 SM lebih cocok diajak meluncur di jalanan beraspal.

BACA JUGA:Keunggulan Kawasaki KLX 150 SM Dibanding Motor Supermoto Lainnya

Desain Supermoto Kekinian

Ciri khas supermoto terlihat jelas dari penggunaan velg 17 inci dengan ban lebar. Tampilannya sporty, apalagi jika memilih varian SE dengan aksesoris tambahan seperti hand guard, fatbar, dan skid plate. Motor ini juga sudah dibekali lampu depan LED serta panel instrumen digital yang modern.

Bagi anak muda yang peduli tampilan, desain KLX 150 SM terbilang keren. Dimensi jok 840 mm membuat posisi berkendara agak tinggi, tapi justru memberi kesan gagah dan pandangan lebih luas saat melintas di jalan raya.

Pengereman dan Fitur

Pengereman mengandalkan cakram petal di kedua roda. Di depan berdiameter 300 mm dengan kaliper dua piston, sementara belakang 220 mm. Hasilnya, kontrol pengereman jadi lebih mantap dan sesuai karakter motor harian di kota.

Tangki 6,9 liter juga cukup memadai untuk pemakaian harian. Dengan mesin irit khas motor trail kecil, konsumsi bensin bukan masalah besar bagi pengguna perkotaan.

BACA JUGA: Kawasaki KLX150SM, Motor Supermoto Kekinian dengan Fitur Bikin Naksir 

Kawasaki KLX 150 SM jelas punya dua wajah. DNA trail membuatnya tetap bisa melintas jalur semi-off-road, tetapi setup roda 17 inci dan ban jalan membuat motor ini jauh lebih nyaman di aspal.

Jadi, benarkah Kawasaki KLX 150 SM lebih nyaman di kota daripada off-road? Jawabannya iya.

Kawasaki KLX 150 SM memang lahir sebagai supermoto, bukan motor trail murni. Cocok untuk rider yang ingin tampil keren, lincah di lalu lintas, tapi tetap punya sedikit rasa petualang.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: