Pemkab Cilacap Sediakan 2 Armada Bus Untuk Mudik Gratis Bagi Perantau

Pemkab Cilacap Sediakan 2 Armada Bus Untuk Mudik Gratis Bagi Perantau

Petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap saat mengecek kelaiakan armada bus yang akan digunakan untuk angkutan lebaran.-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten Cilacap sediakan 2 armada bus untuk memfasilitasi para perantau, yang memiliki penghasilan rendah yang akan diberangkatkan dari Bandung.

Dua armada bus tersebut akan diberangkatkan dari monumen perjuangan Bandung dengan kuota 50 kursi setiap bus, sehingga akan tersedia 100 kuota pagi para perantau.

"Kita bantu masyarakat Cilacap yang merantau ke Bandung terutama yang memiliki penghasilan rendah," kata Kabid Angkutan Umum Dishub Kabupaten Cilacap Agus Wantoso, Selasa (19/3/2024).

Agus menjelaskan, kemungkinan akan terbagi dalam dua titik penurunan penumpang. Warga yang domisili Cilacap barat dapat turun di barat dan yang domisili di Cilacap timur turun di timur. 

BACA JUGA:Lagi, 20 Remaja di Cilacap Diamankan Saat Hendak Tawuran

BACA JUGA:Atur Regulasi Pengelolaan Perikanan Darat, Pemkab Cilacap buat Peraturan Daerah

"Jadi nanti di kelompokkan sesuai wilayah, nanti akan diturunkan di masing - masing wilayah apakah dari Cilacap bagaian barat atau timur, keberangkatan tanggal 6 April 2024," lanjutnya.

Untuk cara mendaftarnya, Agus menjelaskan dapat melalui perkumpulan perantau Jawa Tengah di Jabodetabek. Sedangkan syarat pendaftaran, warga Jawa Tengah yang terkoodinir melalui perkumpulan perantau Jawa Tengah di Jabodetabek.

"Pendaftaran secara online melalui laman Peda Mateng di link https://pedamateng.penghubung.jatengprov.go.id/. Untuk dokumen yang di unggah saat mendaftar yakni KTP/KIA, Kartu Keluarga bagi pendaftar satu keluarga. Bukti yang menunjukkan pekerjaan pendaftar, sesuai dengan persyaratan. Contoh, pengemudi ojek online menyiapkan foto akun kemitraan ojek online," terangnya.

Sedangkan bagi yang kehabisan kuota dapat bus bantuan Pemkab Cilacap, warga Jawa Tengah yang ada di perantauan Jabodetabek juga bisa ikut mudik gratis dengan bus bantuan Gubernur Jateng. Bisa juga pakai bus Bank Jateng dan PT Semen Gresik dengan kuota 58 bus.

"Bus bantuan Bank Jateng tersedia kuota 40 bus. Cara mendaftarnya dengan datang ke Bank Jateng Cabang Jakarta (Jl Panglima Polim Kebayoran Baru) atau KCP Kramat Jati (Pasar Induk)," pungkasnya. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: