Benarkah Gaya Hidup Tidak Sehat, Berisiko Terkena Gangguan Kesehatan Mental ?

Benarkah Gaya Hidup Tidak Sehat, Berisiko Terkena Gangguan Kesehatan Mental ?

Benarkah Gaya Hidup Tidak Sehat, Berisiko Terkena Gangguan Mental?-Pinterest -

BACA JUGA:Cara Mengatasi Masalah Kesehatan Mental pada Mahasiswa

Menciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman dengan memastikan kamar tidur Anda tenang, gelap, dan sejuk. Gunakan kasur yang nyaman dan bantal yang mendukung agar dapat tidur dengan lebih nyenyak.

Menghindari Stimulan Sebelum Tidur seperti dengan memghindari konsumsi kafein dan alkohol beberapa jam sebelum tidur, karena hal ini dapat mengganggu kualitas tidur Anda.

Melakukan relaksasi Sebelum Tidur dengan lakukan aktivitas relaksasi seperti membaca buku atau mendengarkan musik yang menenangkan untuk membantu tubuh dan pikiran Anda bersiap untuk tidur.

Membatasi Paparan Layar dengan menghindari penggunaan gadget dan layar elektronik setidaknya satu jam sebelum tidur, karena cahaya biru dari layar dapat mengganggu produksi hormon tidur.

2. Melakukan Diet Sehat

Dalam menjaga kesehatan mental, penting untuk memperhatikan pola makan atau diet yang sehat. Diet yang tidak seimbang dan tidak sehat telah terbukti meningkatkan risiko gangguan kesehatan mental, seperti depresi, kecemasan, dan gangguan suasana hati. 

Pastikan untuk mengonsumsi berbagai macam makanan yang seimbang. Hindari mengandalkan satu jenis makanan saja dan pilih makanan yang mengandung nutrisi penting untuk kesehatan mental, seperti omega-3 dan vitamin B.

BACA JUGA:Masalah Kesehatan Mental pada Mahasiswa

BACA JUGA:Apa Itu OCD ? Inilah Penjelasan Lengkap Tentang Gangguan Kesehatan Mental OCD

Kurangi konsumsi makanan olahan, makanan cepat saji, serta makanan yang tinggi gula dan lemak jenuh. Makanan tersebut dapat memicu peradangan dalam tubuh dan memengaruhi keseimbangan kimia otak, yang dapat berkontribusi pada gangguan suasana hati dan kecemasan.

Cobalah untuk makan secara teratur dan tidak melewatkan waktu makan. Hindari makan berlebihan atau makan terlalu sedikit, karena kedua hal tersebut dapat memengaruhi suasana hati dan energi Anda.

Kendalikan porsi makanan Anda dan hindari makan berlebihan. Mengontrol porsi makanan membantu menjaga berat badan yang sehat dan mencegah kemungkinan masalah kesehatan mental yang terkait dengan obesitas.

3. Melakukan Olahraga Rutin

Olahraga rutin telah terbukti memiliki beragam manfaat bagi kesehatan fisik, namun tidak banyak yang menyadari bahwa olahraga juga memiliki dampak positif pada kesehatan mental. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: