Manfaat Bermain Squishy untuk Kesehatan Mental

Manfaat Bermain Squishy untuk Kesehatan Mental

Squishy-Indah Citra-

1. Meredakan Stres

Bermain squishy dapat menjadi bentuk terapi yang menyenangkan untuk meredakan stres. Menggunakan jari-jari untuk memeras atau mengubah bentuk squishy dapat membantu meredakan ketegangan dan menenangkan pikiran.

BACA JUGA:Masalah Kesehatan Mental pada Mahasiswa

BACA JUGA:Apa Itu OCD ? Inilah Penjelasan Lengkap Tentang Gangguan Kesehatan Mental OCD

2. Meningkatkan Konsentrasi

Fokus pada gerakan halus dan sensasi squishy dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan memperbaiki perhatian, terutama bagi mereka yang cenderung merasa gelisah atau terganggu.

3. Memunculkan Perasaan Bahagia

Aktivitas yang menyenangkan seperti bermain squishy dapat merangsang pelepasan endorfin, hormon "bahagia" dalam tubuh, yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi perasaan cemas.

BACA JUGA:Mengetahui Jenis Gangguan Kesehatan Mental Pada Anak, Mengenali Tanda-tanda dan Pengelolaannya

BACA JUGA:Mengenal Anxiety Disorder, Gangguan Kesehatan Mental yang Seringkali Menyerang Kaum Gen Z

4. Menenangkan Pikiran

Sensasi lembut dan elastis dari squishy bisa menjadi pengalih perhatian yang efektif dari pikiran yang terus-menerus berputar. 

Ini membantu individu untuk lebih fokus pada saat ini dan mengurangi kecemasan tentang masa depan atau penyesalan tentang masa lalu.

5. Mengurangi Tekanan Emosional

Aktivitas meremas squishy secara lembut dapat membantu mengurangi ketegangan emosional yang mungkin dirasakan oleh seseorang, memberi mereka kesempatan untuk melepaskan frustrasi atau kegelisahan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: