Mengenal Apa Itu Mental Breakdown dan Gejalanya yang Tak Boleh Disepelekan

Mengenal Apa Itu Mental Breakdown dan Gejalanya yang Tak Boleh Disepelekan

Mental Breakdown-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Mental breakdown seringkali menjadi kenyataan yang tidak terlihat di balik senyum sehari-hari. Jadi, apa sebenarnya apa itu Mental breakdown? Yuk, cari tahu lebih dalam tentang gangguan mental yang sering dipicu oleh stres yang berat ini.  

Di zaman modern yang penuh tantangan ini, banyak orang mengalami tekanan hidup. Ketika tekanan itu mencapai puncaknya, mental breakdown bisa terjadi sebagai bentuk pelepasan emosional yang tak bisa dihindari. Namun, perlu diingat bahwa mental breakdown bukanlah kelemahan. 

Seringkali, itu adalah respons alami terhadap tekanan dan beban hidup yang terlalu berat. Bagi mereka yang mengalaminya, dokter biasanya akan menyarankan terapi bicara, pengobatan, dan perubahan gaya hidup.

Apa yang Dimaksud dengan Mental Breakdown?

Mental breakdown adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan periode tekanan mental yang sangat kuat atau penyakit yang muncul secara tiba-tiba. Selama periode ini, mungkin kamu akan kesulitan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

BACA JUGA:Sederhana Banget! Inilah Tips Menjaga Kesehatan Mental

BACA JUGA:8 Tips Efektif Meningkatkan Kesehatan Mental

Gangguan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti perubahan besar dalam kehidupan, kurang tidur, masalah keuangan, peningkatan tingkat stres, kelelahan, atau bahkan oleh sebuah tragedi yang tiba-tiba terjadi. Istilah mental breakdown dulunya digunakan untuk merujuk pada berbagai kondisi kesehatan mental, termasuk depresi, kecemasan, dan gangguan stres akut.

"Mental breakdown" bukanlah istilah medis atau diagnosis resmi dari suatu kondisi tertentu. Meskipun tidak memiliki definisi yang pasti, istilah ini sering digunakan oleh banyak orang untuk menjelaskan gejala stres yang sangat berat dan kesulitan menghadapi tantangan hidup.

Gejala dan Tanda Mental Breakdown

Tanda-tanda mental breakdown dapat bervariasi antara individu satu dengan yang lain. Faktor penyebab yang mendasarinya juga dapat mempengaruhi jenis gejala yang dialami.

Secara umum, seseorang yang mengalami mental breakdown mungkin menunjukkan gejala seperti merasa terus-menerus sedih atau putus asa, merasa bersalah atau tidak berharga, mengalami energi rendah atau kelelahan, serta kehilangan minat pada hobi atau aktivitas yang biasanya disukai. Selain itu, munculnya pikiran untuk melakukan bunuh diri atau melukai diri sendiri juga dapat menjadi tanda bahwa seseorang sedang mengalami mental breakdown.

BACA JUGA:Inilah Jenis-jenis Penyakit Mental dan Gejalanya, Apakah Kamu Termasuk?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: