Jangan Salah! Ini Waktu Makan Malam Ideal Saat Puasa

Jangan Salah! Ini Waktu Makan Malam Ideal Saat Puasa

Ini Waktu Makan Malam Ideal Saat Puasa-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Selama menjalani puasa, makan dan minum hanya diperbolehkan mulai dari waktu berbuka hingga sahur. Dengan waktu makan yang terbatas, sebagian orang mungkin cenderung untuk makan beberapa kali di malam hari. 

Namun, sebenarnya, kapan waktu makan malam yang ideal saat berpuasa?

Meskipun sedang berpuasa, kebutuhan nutrisi tetap harus terpenuhi. Namun, setelah berbuka puasa, bukan berarti kamu dapat makan kapan saja.

Pada bulan puasa ini, sangat penting untuk memilih waktu makan malam yang tepat. Sebab, jika dilakukan secara sembarangan, misalnya makan terlalu dekat dengan waktu tidur, hal ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit asam lambung atau GERD yang dapat mengganggu istirahatmu.

BACA JUGA:9 Cara Menyembuhkan GERD Secara Alami

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Mulut Pahit Karena Asam Lambung

Jadi, Kapan Waktu Makan Malam yang Tepat Saat Berpuasa?

Meskipun sudah melewati sehari penuh menahan lapar dan haus, bukan berarti kamu bisa sembarangan saat berbuka puasa. Saat berbuka, disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan porsi yang cukup dan lebih banyak makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, protein, dan lemak sehat.

Tidak hanya itu, selain memperhatikan menu dan porsi, penting juga untuk memperhatikan waktu makanmu dan mengatur sesuai dengan jadwal tidur selama bulan puasa.

Penting untuk diketahui bahwa untuk menjaga kecukupan waktu tidur selama bulan puasa, disarankan untuk tidur setidaknya 4 jam sebelum waktu sahur. Sebagai contoh, jika waktu sahurmu pada pukul 3 pagi, maka sebaiknya kamu mulai tidur pada pukul 11 malam.

BACA JUGA:Menjaga Berat Badan dengan 8 Menu Makan Malam untuk Diet yang Sehat dan Nikmat

BACA JUGA:Segarnya Es Timun Serut, Minuman Pelepas Dahaga yang Cocok untuk Buka Puasa!

Selain itu, disarankan juga untuk memberi jeda waktu yang cukup antara waktu makan malam terakhir dengan waktu tidur, minimal 3 jam. Jadi, jika waktu tidurmu adalah pukul 11 malam, sebaiknya makan malam terakhir dilakukan sebelum pukul 8 malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: