Meriah, Kirab Budaya Bersih Sumber Owabong Purbalingga

Meriah, Kirab Budaya Bersih Sumber Owabong Purbalingga

BEREBUT: Gunungan saat acara Bersih sumber di Owabong sangat diminati masyarakat, Minggu 10 Maret 2024.-Amarullah Nurcahyo/Radarmas-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID- Perumda Owabong kembali nguri-uri melaksanakan Kirab Budaya Bersih Sumber, Minggu 10 Maret 2024.

Prosesi budaya itu berlangsung meriah dan menarik antusiasme yang tinggi dari pengunjung dan masyarakat sekitar, dengan finish kirab di komplek obyek wisata milik Pemkab Purbalingga ini.

Plt Direktur Utama Perumda Owabong, Eko Susilo, Minggu 10 Maret 2024 menjelaskan, kegiatan menjelang bulan ramadan ini menjadi  tradisi pensucian menghadapi bulan puasa

Tradisi bersih sumber ini diadakan dengan prosesi arak-arakan hasil bumi, tumpeng dan jajan pasar yang dilakukan oleh karyawan Owabong.

BACA JUGA:Owabong Waterpark, Wisata Air Liburan Akhir Tahun di Purbalingga!

BACA JUGA:Meriah, Kirab Budaya Oyod Genggong

Dengan adanya arak-arakan hasil bumi atau gunungan itu, maka bisa berbagi rejeki. "Ini sebagai wujud syukur atas semua yang diberkahi, makanya ada gunungan, hasil bumi, jajan pasar, kita berbagi dengan masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, masyarakat pengunjung  antusias lalu berebut gunungan yang ada. Dalam gunungan itu ada beberapa jenis hasil bumi. 

"Salah satu warga Desa Bojongsari Rizky yang sengaja datang pada acara itu  mengaku sangat seneng. "Senang sekali, saya dapat nanas, manggis dan buah duku saat rebut gunungan, semoga berkah," katanya.

Hal senada diungkapkan Susanti warga Kecamatan Purbalingga. Dirinya sengaja datang bersama keluarganya. Usai berebut gunungan, hasilnya bisa buat nambah stok di dapur.

"Baru kali ini saya menikmati langsung acara bagus ini. Kegiatannya benar melesatarikan budaya dan tradisi, semoga setiap tahun ada terus," tuturnya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: