Waspada! Ini 4 Penyebab Kentut Sering yang Tidak Boleh Diabaikan

Waspada! Ini 4 Penyebab Kentut Sering yang Tidak Boleh Diabaikan

Penyebab Sering Kentut-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kentut atau pelepasan gas adalah proses alami dalam tubuh manusia. Meskipun begitu, terlalu banyak kentut dapat mengganggu kenyamanan sehari-hari.

Terdapat beberapa faktor penyebab sering kentur, mulai dari pola makan hingga kondisi medis tertentu yang mempengaruhi saluran pencernaan.

Gas dalam saluran pencernaan dilepaskan dari tubuh melalui anus dengan menghasilkan suara dan aroma tertentu. Biasanya, kentut terjadi saat ada gas berlebihan yang diproduksi oleh saluran pencernaan.

Beberapa kondisi dapat menyebabkan peningkatan produksi gas dalam saluran pencernaan, seperti menelan udara saat makan atau minum terlalu cepat, serta konsumsi makanan tertentu. Selain kentut berlebihan, kelebihan gas juga dapat menyebabkan gejala seperti perut kembung dan seringnya sendawa.

BACA JUGA:6 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Badan yang Mengganggu

BACA JUGA:Ada Masalah Dengan Bau Badan?, Begini Sob Tips Mengatasinya

Penyebab Sering Kentut yang Beragam

Umumnya, buang gas atau kentut sebanyak 8–14 kali sehari dianggap normal. Namun, jika frekuensinya melebihi 25 kali sehari, itu menunjukkan adanya keluhan sering kentut. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa pun, termasuk bayi.

Beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab sering kentut antara lain:

1. Konsumsi Makanan Tertentu

Penyebab sering kentut dapat dipicu oleh makanan tertentu yang cenderung menghasilkan gas berlebih. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang menjadi pemicu sering kentut:

  • Kacang-kacangan
  • Produk susu, seperti keju dan yoghurt
  • Sayuran, seperti brokoli, kol, bawang, jamur, dan lainnya
  • Buah-buahan, seperti apel, persik, plum, dan pir
  • Biji-bijian utuh, seperti gandum dan oat
  • Minuman berkarbonasi, seperti bir dan soda
  •  Pemanis buatan, seperti fruktosa dan sorbitol

Makanan yang tinggi serat dan bertepung cenderung menjadi penyebab sering kentut. Namun, perlu diingat bahwa respons terhadap makanan yang menyebabkan sering kentut dapat bervariasi antarindividu.

BACA JUGA:Atasi Bau Badan dengan Deodoran Alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: