Nihil, Desa Kategori Tertinggal di Purbalingga

Nihil, Desa Kategori Tertinggal di Purbalingga

Buka Akses : Jalan baru dibuka dengan gotong-royong di wilayah Kecamatan Kaligondang yang membuka akses jalan di desa.-Prokompim Setda Purbalingga untuk Radarmas -

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pada tahun 2023 ini, Kabupaten Purbalingga tak lagi memiliki desa yang masuk kategori desa tertinggal. Pada publikasi KemendesPDDT, Indeks Pembangunan Desa Purbalingga sebesar 0,69 pada 2021, meningkat menjadi 0,71 pada 2022 dan naik lagi menjadi 0,78 pada 2023. 

"Angka itu menjadikan kategorinya meningkat dari berkembang menjadi maju. Dari 224 desa yang ada di Purbalingga, sebanyak 49 masuk kategori berkembang, 151 kategori maju dan 24 desa masuk kategori mandiri. Desa yang kategori maju dan mandiri semakin meningkat,” tutur Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM, Rabu 6 Maret 2024.

Bupati Tiwi menegaskan, pembangunan di desa menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Purbalingga hingga tahun ketiga ini. Misalnya pembangunan/ pemeliharaan dan penataan infrastruktur di desa. Seperti jalan desa, lapangan, kantor desa serta pengadaan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU). 

Pemkab juga terus mendorong percepatan program pembangunan desa melalui alokasi Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dengan alokasi pada 2023 sebesar Rp 29,468 milyar. 

BACA JUGA:Tak Ada Lagi Desa Tertinggal di Kabupaten Purbalingga, Ini Kondisinya

BACA JUGA:Purbalingga Klaim Nihil Desa Tertinggal

“Terus ada upaya meningkatkan pembangunan berbasis desa dan kawasan perdesaan melalui optimasi penyelenggaraan pemerintahan desa dan pemberdayaan masyarakat desa,” tambahnya.

Kemudian, ada program penguatan kapasitas pemerintah desa seperti bantuan sarana dan prasarana, penerapan Siskeudes dan Siswaskeudes, pelatihan perangkat desa, penerapan desa digital dan penetapan desa tematik serta penguatan bumdes.

"Kami juga memiliki program "Bupati Tilik Desa" yang cukup berpengaruh pada perkembangan program di desa," ujarnya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: