PLN Indonesia Power Adipala Berdayakan Kelompok Rentan Melalui Kerajinan Batik

PLN Indonesia Power Adipala Berdayakan Kelompok Rentan Melalui Kerajinan Batik

Upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat oleh PLN Indonesia Power UBP Jawa Tengah 2 Adipala, dengan pengembangan kapasitas masyarakat kelompok rentan dalam kegiatan pelatihan membatik untuk difabel, lansia, dan kelompok usia produktif yang belum beker-PLN Indonesia Power Adipala untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - PLN Indonesia Power UBP Jawa Tengah 2 Adipala berkomitmen untuk terlibat dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, terutama bagi kelompok masyarakat yang berisiko mengalami kerentanan atau termasuk dalam kelompok rentan.

Upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat oleh PLN Indonesia Power UBP Jawa Tengah 2 Adipala salah satunya dengan melaksanakan pengembangan kapasitas masyarakat kelompok rentan dalam kegiatan pelatihan membatik untuk difabel, lansia, dan kelompok usia produktif yang belum bekerja.

Hingga saat ini masih banyak pandangan sebelah mata yang disematkan untuk kelompok rentan seperti difabel dan lansia, dimana kelompok rentan tersebut dianggap tidak mampu bersaing di dunia kerja sehingga kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan. Namun PLN Indonesia Power UBP Jawa Tengah 2 Adipala menerapkan langkah-langkah pengurangan kesenjangan tersebut dengan melibatkan difabel dan lansia dalam usaha ekonomi kreatif melalui kegiatan membatik.

pelatihan membatik tersebut melibatkan mitra binaan existing PLN Indonesia Power UBP Jawa Tengah 2 Adipala yaitu Kelompok Batik Seloka yang ada di Desa Adipala dan telah didampingi oleh perusahaan sejak beberapa tahun lalu.

Kelompok rentan yang menjadi penerima manfaat dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan dengan kegiatan membatik, adalah masyarakat yang berdomisili di Desa Adipala dan Desa Adiraja, serta masyarakat dari wilayah di sekitarnya. Pelatihan ini dilaksanakan selama satu minggu secara intens oleh perajin batik berpengalaman dari Batik Seloka kepada.

Imam Siswo Utomo selaku Assistant Manajer Umum menyampaikan bahwa pelatihan membatik untuk difabel, lansia, dan pemuda produktif memiliki beberapa tujuan. Perusahaan ingin mengembangkan program kerajinan batik yang telah didampingi oleh PLN Indonesia Power UBP Jawa Tengah 2 Adipala dengan mitra binaan Batik Seloka, di mana dengan program tersebut perusahaan telah membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Keberhasilan inilah yang ingin ditularkan kepada masyarakat agar jangkauan program CSR perusahaan lebih luas.

“Kami berharap masyarakat yang selama ini yang kesulitan dalam mengakses pekerjaan karena keterbatasan secara fisik maupun usia terbantu dengan program pemberdayaan masyarakat dari PLN Indonesia Power UBP Jawa Tengah 2 Adipala melalui usaha kerajinan batik. Harapannya difabel, lansia dan pemuda produktif yang tidak memiliki penghasilan mampu menjadi mandiri dan berdaya sehingga ekonomi masyarakat dapat meningkat dan tentunya dapat menjadi sejahtera”, lanjutnya.

Pada hari pertama pelatihan, hadir pula Subur selaku Kepala Desa Adipala yang menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PLN Indonesia Power UBP Jawa Tengah 2 Adipala yang telah seringkali merealisasikan program-program CSR atau tanggung jawab sosial perusahaan dan lingkungan kepada masyarakat di Desa Adipala.

“Kami sangat terbantu dan mengucapkan banyak sekali terima kasih kepada PLN Indonesia Power UBP Jawa Tengah 2 Adipala atas program-program CSR yang terus dilakukan oleh perusahaan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan warga kami. Kami berharap program pemberdayaan bagi difabel, lansia, dan pemuda yang belum bekerja dalam mengurangi angka kemiskinan di desa kami”, ujar Subur.8

Pelatihan membatik tingkat dasar untuk difabel, lansia, dan pemuda produktif diikuti oleh 15 orang peserta yang dibagi dalam beberapa kegiatan. Bagi penyandang disabilitas intelektual dan lansia diberikan alat dan bahan yang mudah digunakan, sedangkan untuk penyandang disabilitas fisik disesuaikan dengan kemampuan masing-masing peserta pelatihan. Sedangkan bagi pemuda produktif, pelatihan lebih menekankan pada peningkatan kreavifitas motif batik dan pemasaran produk.

Kegiatan ini tidak hanya berakhir pada tahap pelatihan, ke depannya PLN Indonesia Power UBP Jawa Tengah 2 Adipala akan mendampingi kelompok rentan yang terlibat dalam kegiatan tersebut dalam jangka waktu yang disesuaikan, termasuk terus memonitoring kegiatan hingga kelompok rentan tersebut dianggap mampu untuk melakukan usaha kerajinan batik secara mandiri. PLN Indonesia Power UBP Jawa Tengah 2 Adipala juga tidak menutup kemungkinan untuk menambahkan mitra binaan maupun penerima manfaat dari program pemberdayaan bagi perajin kriya batik ini. (*/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: