Mengenal 6 Lagu Ebeg Banyumasan yang Membawa Pesan Mendalam

Mengenal  6 Lagu Ebeg Banyumasan yang Membawa Pesan Mendalam

Ebeg Banyumasan-Indah Citra-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ebeg Banyumasan adalah sebuah seni tradisional yang berasal dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Pertunjukan Ebeg biasanya melibatkan sekelompok penari yang mengenakan kostum dan topeng, disertai dengan alat musik serta lagu Ebeg Banyumasan .

Peran alat musik dalam pertunjukan Ebeg sangatlah penting karena menciptakan suasana, mengiringi cerita, dan memengaruhi penonton. Selain itu, lagu-lagu dalam Ebeg juga memiliki peran yang penting, 

Mereka tidak hanya mengiringi gerakan tarian, tetapi juga membangun suasana dari kegembiraan hingga ketegangan, membantu membangun emosi selama pertunjukan.

Lagu Ebeg Banyumasan juga sarat dengan pesan-pesan budaya, nilai, dan moral. Dalam Ebeg Banyumasan, lagu-lagu yang dimainkan bervariasi sesuai dengan adegan, cerita, dan gaya pertunjukan yang digunakan.

BACA JUGA:Lirik dan Makna Lagu Ricik – Ricik Dalam Pementasan Ebeg Banyumasan

BACA JUGA:Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Pada Pertunjukan Ebeg Banyumasan

Namun, terdapat beberapa lagu tradisional yang memiliki ciri khas dan sering dipertunjukkan dalam Ebeg Banyumasan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Mengenal  6 Lagu Ebeg Banyumasan yang Membawa Pesan Mendalam

1. Eling-eling

Dalam pertunjukan Ebeg khas Banyumasan, lagu Eling-eling memiliki peran penting dengan adanya mendem atau wuru. Lagu ini merupakan bagian tak terpisahkan dari pertunjukan Ebeg di Banyumas. 

Awalnya, lagu Ebeg Banyumasan ini dimainkan dengan tempo pelan, namun seiring waktu akan dipercepat saat penari Ebeg kerasukan indang, syarat untuk wuru atau mendem. Saat prosesi 'janturan' dilakukan oleh dukun Ebeg kepada pemain yang mendem, lagu Eling-eling akan dimainkan naik turun. 

Setelah selesai mendem, lagu kembali dimainkan dengan tempo pelan saat dukun sedang menyembuhkan pemain agar kembali sadar. Kata 'eling-eling' mengandung makna sebagai pengingat akan pentingnya melestarikan nilai-nilai budaya dan tradisi Jawa.

BACA JUGA:Makna Sajen Dalam Ebeg Banyumasan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: