Ini 6 Tanda Orang Tua Membully Anak yang Jarang Disadari, Berani Mengakui?

Ini 6 Tanda Orang Tua Membully Anak yang Jarang Disadari, Berani Mengakui?

6 Tanda Orang Tua Membully Anak -Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Orang tua yang sering dianggap sebagai contoh yang baik bagi anak sebenarnya bisa melakukan perilaku bully juga, loh. Ironisnya, tindakan ini sering kali tidak disadari oleh orang tua sendiri. 

Nah, untuk mengetahui tanda-tanda perilaku dan sikap yang mengarah kepada perundungan, silakan simak penjelasan tanda orang tua membully anak dalam artikel berikut.

Apa Itu Bully?

Bully merupakan bentuk penindasan, kekerasan, atau intimidasi yang dilakukan secara verbal maupun nonverbal terhadap orang lain. Pada anak-anak, perilaku bully biasanya berasal dari teman sebaya di sekolah, di rumah, atau bahkan melalui media sosial (cyberbullying).

Namun, sungguh disayangkan ada juga anak-anak yang mengalami perilaku bully dari orang tuanya sendiri. Yang lebih memprihatinkan, tanda dan perilaku orang tua yang mengarah ke perundungan sering kali diabaikan.

BACA JUGA:7 Tanda-Tanda Anak Anda Menjadi Korban Bullying di Sekolah

BACA JUGA:4 Cara Mencegah Cyberbullying di Dunia Maya Untuk Perlindungan Diri

6 Tanda Orang Tua Membully Anak yang Jarang Disadari

Berikut beberapa tanda bahwa orang tua melakukan bullying terhadap anak yang seringkali tidak disadari:

1. Panggilan yang Merendahkan

Ternyata memberikan nama panggilan yang merendahkan termasuk dalam tanda-tanda orang tua membully anak, loh. Orang tua mungkin memberikan anak panggilan yang merendahkan yang menggambarkan kondisi fisik atau konotasi negatif seperti Ndut, Pesek, Ompong, Kriting, atau Tompel. 

Meskipun disampaikan secara candaan, tidak semua anak dapat membedakan antara lelucon dan kritik. Hal ini dapat membuat anak merasa bahwa panggilan tersebut mengindikasikan kekurangan yang dimilikinya.

2. Komentar Negatif tentang Penampilan Fisik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: