5 Cara Merawat Bunga di Dalam Ruangan Agar Tidak Cepat Layu

5 Cara Merawat Bunga di Dalam Ruangan Agar Tidak Cepat Layu

Cara Merawat Bunga di Dalam Ruangan-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Walaupun diminati banyak orang, cara merawat bunga di dalam ruangan memang cukup rumit. Artinya, pemiliknya perlu memahami dengan jelas tips-tips untuk merawat dengan baik agar bunganya tidak mudah layu bahkan mati.

Menghadirkan bunga ke dalam ruangan memiliki banyak manfaat. Penampilan ruangan akan menjadi lebih indah, dan bunga atau tanaman yang bersifat anti polutan dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. 

Sebenarnya, hampir semua jenis tanaman hias bisa ditempatkan di dalam ruangan asalkan mendapatkan perawatan yang tepat dan cara merawat bunga yang benar. Berikut adalah beberapa saran tentang cara merawat bunga di dalam ruangan yang dapat Anda praktikkan.

5 Cara Merawat Bunga di Dalam Ruangan Agar Tidak Cepat Layu

1. Kelembapan Udara yang Konsisten

Salah satu aspek yang sering terlupakan dalam cara merawat bunga di dalam ruangan adalah suhu udara yang tidak tepat. Menurut Nurhajati Ansori Mattjik dalam bukunya "Budi Daya Bunga Potong dan Tanaman Hias" (2018), tanaman di dalam ruangan rentan mengalami kekeringan karena perubahan suhu dan kelembapan udara.

BACA JUGA:Referensi Tanaman Hias untuk Teras Rumah Minimalis

BACA JUGA:Rekomendasi Tanaman Cantik yang Bisa Digunakan untuk Menghiasi Taman Kecil Rumah

Anda dapat menjaga kelembapan udara dengan beberapa cara, seperti meletakkan pot di atas wadah berisi campuran air, pasir, dan kerikil, atau menyusun beberapa pot tanaman hias secara berdekatan di dalam ruangan.

2. Cahaya yang Memadai

Tanaman atau bunga yang ditanam di dalam ruangan juga memerlukan sinar alami yang cukup agar dapat tumbuh dengan baik. Tanaman perlu diangkat keluar ruangan setidaknya setiap dua minggu sekali. 

Pastikan untuk menghindari posisi yang menyebabkan tanaman terkena langsung sinar matahari.

3. Pemberian Pupuk secara Teratur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: